Abstract
PENGARUH
PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN TIK TERHADAP
MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA
NEGERI 1 NGABANGKABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT
Oleh:
Gatot
NIM 08520249001
ABSTRAK
Penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui sejauh mana kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi
profesional guru mata pelajaran TIK berpengaruh terhadap motivasi
belajar siswa berdasarkan persepsi siswa, (2) mengetahui seberapa besar
pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru mata pelajaran TIK
terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ngabang KabupatenLandak
Kalimantan barat.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan expost
facto. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 1
Ngabang sebanyak 320 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 orang
di tentukan dengan rumus Krejcie dan Morgan, selanjutnya sampel setiap
kelas ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Data
dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). kompetensi pedagogik guru
sebagian besar termasuk kategori cukup yaitu sebanyak 65 orang (54,2%),
Kompetensi kepribadian guru sebagian besar termasuk dalam kategori baik
yaitu sebanyak 85 orang (70,8%), Komptensi sosial guru sebagian besar
termasuk dalam kategori cukup yaitu sebanyak 53,3%. Selanjutnya,
kompetensi profesional guru sebagian besar termasuk dalam kategori baik
yaitu sebanyak 82 orang (68,3%); (2). motivasi belajar pada mata
pelajaran TIK didukung oleh kompetensi guru, meskipun hanya kompetensi
kepribadian dan profesional saja yang terbukti secara mempengaruhi
motivasi belajar yaitu sebesar (70,8% dan 63,3%).
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran
TIK.
0 comments:
Post a Comment