Abstract
PENGEMBANGAN
BROSUR INTERAKTIF “ARyappi”
BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA IKLAN SMK YAPPI WONOSARI
Oleh :
Pitra Dana Arista
NIM. 11520241023
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak brosur
interaktif “ARyappi” berbasis Augmented Reality yang layak digunakan
sebagai media iklan SMK YAPPI Wonosari dan mengetahui hasil analisis
kualitas perangkat lunak yang dikembangkan menurut aspek functional
suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability
berdasarkan ISO 25010.
Penelitian dan pengembangan perangkat lunak menggunakan metode
penelitian Research dan Development (R&D) dengan mengacu pada model
Waterfall. Pengembangan dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu tahap analisis
kebutuhan, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap pengujian
perangkat lunak dengan menggunakan ISO 25010.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari keempat aspek tersebut
antara lain: (1) functional suitability memperoleh nilai 100 % (memenuhi
standar kualitas AquA); (2) performance efficiency dalam penggunaan CPU
memperoleh rata-rata 4,5% dan penggunaan memori tidak menyebabkan
memori leak; (3) compatibility memperoleh nilai 100% (sangat baik); (4)
usability memperoleh 81.3% (sangat baik). Dari hasil pengujian
menunjukkan bahwa perangkat lunak “ARyappi” layak digunakan sebagai
media iklan SMK YAPPI Wonosasi.
Kata kunci : brosur interaktif, augmented reality, media iklan
0 comments:
Post a Comment