Abstract
PENGEMBANGAN
DAN ANALISIS KUALITAS APLIKASI
SIMULASI DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL
UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Oleh :
Neutrina Nilamsari
10520244024
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan suatu
aplikasi simulasi dan pembahasan Ujian Nasional untuk siswa Sekolah
Menengah Pertama (SMP) yang dapat dijadikan sarana alternatif siswa
dalam mempersiapkan Ujian Nasional, (2) mengetahui kualitas perangkat
lunak terhadap standar ISO 9126 dari aspek functionality, portability,
efficiency, maintainability, reliability, dan usability.
Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahapan
penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi model
waterfall yang terdiri dari : (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3)
implementasi (code), dan (4) pengujian. Aplikasi dikembangkan dengan
framework Yii. Pengujian kualitas functionality dilakukan dengan
observasi pada aplikasi oleh dua pengguna ahli. Kualitas portability
sisi admin diuji pada web browser yang berbeda sedangkan pada sisi user
diuji pada sistem operasi dan resolusi layar Android yang berbeda.
Pengujian efficiency dilakukan dengan menggunakan Mobitest dan GTmetrix.
Maintainability diuji dengan menghitung nilai maintainability index.
Reliability diuji dengan menggunakan software WAPT 8.1. Pengujian
usability menggunakan metode kuesioner dengan System Usability Scale
(SUS).
Berdasarkan hasil pengujian aspek kualitas diketahui: (1) aspek
functionality dinyatakan lolos karena setiap fungsi dapat berjalan
dengan baik, (2) hasil pengujian aspek portability aplikasi dapat
dioperasikan pada sistem atau lingkungan yang berbeda (lolos), (3) pada
aspek efficiency memperoleh rata-rata response time sebesar 3,5 detik
dengan Mobitest dan 3,3 detik dengan GTmetrix (Rating Good), (4) hasil
aspek reliability menunjukkan tingkat kesuksesan 100% (Memenuhi), (5)
hasil maintainability index sebesar 88 (Tinggi), (6) hasil rata-rata
nilai SUS sebesar 73 (Acceptable).
Kata kunci : aplikasi UN, Kualitas Perangkat Lunak, ISO 9126
0 comments:
Post a Comment