Abstract
Nahdliyyin
 Center yang dibentuk oleh NU melalui Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama 
(PCNU) Kota Pekalongan, memiliki peran yang signifikan dalam melakukan 
pembinaan dan pendampingan terhadap warga dalam mengakses layanan 
publik, mereka menyediakan diri setiap saat untuk memberikan informasi 
penting kepada warga, mengenai layanan-layanan publik yang diberikan 
oleh pemerintah, Selain itu bertugas memberikan informasi kepada 
masyarakat, serta melakukan pendampingan terhadap warga yang menghadapi 
permasalahan dalam mengakses layanan-layanan publik seperti dibidang 
pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan 
metode kualitatif dan mengambil lokasi. Fokus penelitian ini adalah: (1)
 peranan Nahdliyyin Center Pekalongan dalam mewujudkan keterbukaan 
informasi publik di Kota Pekalongan, (2) Upaya yang dilakukan oleh 
Nahdliyyin Center Pekalongan dalam mewujudkan keterbukaan informasi 
publik di Kota Pekalongan, (3) Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh 
Nahdliyyin Center Pekalongan dalam mewujudkan keterbukaan publik di Kota
 Pekalongan dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan 
tersebut. Hasil penelitian diketahui bahwa Peran Nahdliyyin Center Kota 
Pekalongan memiliki dua tugas pokok yaitu: a) Membantu Pengurus NU di 
masing-masing tingkatan dalam melaksanakan program-program kerja NU, 
terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan; b) Membantu 
Lembaga, Lajnah dan Badan Otonom di masing-masing tingkatan dalam 
melaksanakan program kerja, terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan 
kesehatan. Sementara itu, fungsi pokok Nahdliyyin Center adalah: a) 
Pusat data (database) NU dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan;
 b) Fasilitator bagi warga nahdliyyin yang berhubungan dengan ekonomi, 
pendidikan dan kesehatan; c) Advokat atau pendamping terhadap setiap 
permasalahan warga, terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan 
kesehatan; d) Pusat informasi setiap kebijakan publik yang dikeluarkan 
oleh pemerintah; e) Pusat penguatan SDM bagi warga nahdliyyin. Tugas 
Nahdliyyin Center Kota Pekalongan memberikan informasi kepada warga, 
sampai pada memberikan advokasi ketika ada permasalahan pada warga 
berkaitan dengan masalah pendidikan, kesehatan dan ekonomi, dengan 
mengedepankan upaya win-win solution. Mereka menjadi fasilitator, 
dinamisator, motivator, bahkan inspirator bagi warga. Juga menciptakan 
network dengan pihak-pihak lain yang dapat memberikan manfaat bagi 
warga.Kendala Nahdliyyin Center dalam penelitian ini ada dua yaitu; 
kendala internal pertama adalah karena Nahdliyyin Center masih baru. 
Proses pengenalan Nahdliyyin Center hingga ke tingkat ranting 
membutuhkan banyak tenaga dan waktu; kendala intern Kedua, adanya 
persepsi yang masih berbeda terkait Nahdliyyin Center ini.
0 comments:
Post a Comment