Abstract
PERBEDAAN
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
BERBASIS WEB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN
MAKANAN
KELAS XI SEMESTER 2
Oleh : Dewi Septeryana
09520244083
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan media
pembelajaran berbasis multimedia interaktif dan media pembelajaran
berbasis web terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan
makanan kelas XI Semester 2 di SMA Negeri 1 Prembun.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Purposive Control- Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI. Kelas yang diambil sebagai sampel
adalah kelas XI.IA.1, XI.IA.2 dan XI.IA.3 SMA Negeri 1 Prembun. Kelas
XI.IA.1 sebagai kelas kontrol diberi treatment menggunakan buku paket,
kelas XI.IA.2 sebagai kelas eksperimen 1 diberi treatment menggunakan
multimedia interaktif, dan kelas XI.IA.3 sebagai kelas eksperimen 2
diberi treatment menggunakan web. Masingmasing kelas terdiri dari 30
siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar
kognitif. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan analisis Anova dengan program SPSS 16.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan antara
penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan
media pembelajaran berbasis buku paket terhadap hasil belajar siswa
(ditunjukkan dengan taraf signifi ka nsi se be sa r (0,003) <
α(0,05), i ni be ra rti hi pot e si s H
ditolak dan H
1
0
diterima), (2) terdapat perbedaan antara penggunaan media pembelajaran
berbasis web dengan media pembelajaran berbasis buku paket terhadap
hasil belajar siswa (ditunjukkan dengan tara f signi fi ka nsi se be sa
r (0,000) < α(0,05), i ni berarti bahwa hipotesis H
0
ditolak dan H
diterima), dan (3) terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran
berbasis multimedia interaktif dengan media pembelajaran berbasis web
terhadap hasil belajar siswa (ditunjukkan oleh nilai si gni fi ka nsi
0.015 < α = (0,05), i ni be ra rt i H
1
0
ditolak dan H
diterima).
1
Kata kunci: hasil belajar kognitif, media pembelajaran, multimedia
interaktif, web, buku paket
0 comments:
Post a Comment