Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk menyusun sebuah produk multimedia sebagai media
belajar bahasa Perancis pokok bahasan Futur Proche dan menilai tingkat
kelayakan produk multimedia sebelum digunakan sebagai media
pembelajaran.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
and Evaluation). Aplikasi ini divalidasi oleh 3 ahli materi, 2 ahli
media, kemudian diujicobakan pada 64 siswa kelas XI MAN 2 Kudus dan SMAN
2 Kudus. Data dikumpulkan dengan angket skala 5 dan wawancara.
Kelayakan aplikasi pembelajaran dapat diketahui dengan mengategorikan
hasil data penilaian dalam 5 kategori yaitu sangat layak, layak, tidak
layak, dan sangat tidak layak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran ini secara
keseluruhan layak sebagai bahan ajar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil
validasi yang dilakukan ahli media, pada aspek rekayasa perangkat lunak
(76,15%) dan layak pada aspek komunikasi visual (73,33%). Menurut ahli
materi, aplikasi ini termasuk sangat layak dalam aspek materi (83,89%),
layak pada aspek soal (79,33%), sangat layak pada aspek bahasa (83,33%),
dan sangat layak pada keterlaksanaan (91,67%).
Kata kunci: Produk Multimedia, Media Belajar, Bahasa Perancis, Futur
Proche
0 comments:
Post a Comment