Abstract
Mutu
dan kualitas pendidikan merupakan kunci pembangunan dan melalui
pendidikan kualitas sumber daya manusia meningkat. Keberhasilan
pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada kualitas pelaksanaan
pembelajaran. Perencanaan, produksi dan penyelesaian akhir yang tepat
akan mempengaruhi kualitas produk dan kesesuaian waktu yang ditentukan.
Buku kerja sebagai perekam tugas siswa yang disusun oleh siswa sendiri
secara bertahap, berjenjang, terjadwal dan terperinci. Kebenaran dan
ketepatan buku kerja menentukan terhadap hasil praktek siswa, sehingga
tercipta kualitas benda nyata yang sesuai standar dengan waktu
pengerjaan yang lebih efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui efektivitas penggunaan buku kerja untuk meningkatkan hasil
belajar Pembuatan Busana Industri di SMK Widya Praja Ungaran. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group
Pretest–Posttest,dan untuk menguji hipotesis menggunakan ttest.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Widya
Praja Ungaran yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 35 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebagai
kelas penelitian yang akan diberi pembelajaran dengan menggunakan buku
kerja dalam Pembuatan Busana Industri. Metode Pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes, observasi (lembar pengamatan) dan
dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t
Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t menunjukan t hitung 6,60
lebih besar dari pada t tabel 2,032 dengan demikian hipotesis yang
diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada efektifitas
penggunaan buku kerja pada peningkatan hasil belajar siswa pada
Pembuatan Busana Industri di SMK Widya Praja Ungaran dan besarnya
efektivitas adalah 0,188 atau dalam perhitungan gain tergolong kategori
rendah. Saran yang dapat diberikan yaitu buku kerja dapat digunakan pada
mata pelajaran selain Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri,
misalnya Pembuatan Busana (Costume Made).
0 comments:
Post a Comment