Abstract
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui keefekifan media pembelajaran audio
visual berbasis PBL pada tema tata surya terhadap pemahaman konsep dan
dan sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Semarang tahun
2014/2015. Populasi bersifat normal dan homogen, sehingga pengambilan
dua kelompok sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian
menggunakan rancangan penelitian quasi-experimental design. Keefektifan
penelitian ini dilihat dari perbedaan nilai pretest dan postest antara
kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data diperoleh
dengan tes tertulis, lembar angket dan lembar observasi. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik
kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Ketuntasan belajar
klasikal kelas eksperimen sebesar 100%, sedangkan kelas kontrol 78%. Uji
N-gain diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan
kriteria tinggi dan kontrol sebesar 0,56 dengan kriteria sedang.
Analisis uji t signifikansi 5% menghasilkan thitung =0,52 dan ttabel
=0,68 artinya pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen lebih baik
daripada kelas kontrol. Persentase sikap ilmiah kelas eksperimen
rata-rata adalah 84,6% dengan kriteria sangat baik, sedangkan pada kelas
kontrol rata-rata adalah 80,18 % dengan kriteria baik dan sangat baik.
Analisis uji t signifikansi 5% diperoleh thitung = 0,39 dan ttabel =
0,68 artinya sikap ilmiah peserta pada kelas eksperimen lebih baik
daripada kelas kontrol. Hasil penilaian angket respon peserta didik
kelas eksperimen sebesar 82,80% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
audio visual berbasis PBL efektif terhadap pemahaman konsep dan sikap
ilmiah peserta didik pada tema tata surya.
0 comments:
Post a Comment