Abstract
Media
komunikasi visual merupakan salah satu sarana promosi atau sosialisasi
kepada masyarakat luas. Karena itu, penggunaan media komunikasi visual
sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah perusahaan atau lembaga.
Batik R Banyumas merupakan perusahaan yang memproduksi batik cap dan
batik kombinasi. Melihat persaingan pasar yang semakin ketat ini, maka
perusahaan membutuhkan sebuah media promosi guna mempertahankan
kelangsungan usahaanya serta memperluas jaringan dan meningkatkan nilai
produk. Tujuan Proyek Studi ini adalah mengaplikasikan pengetahuan,
ketrampilan, dan pemahaman yang diperoleh dari perkuliahan sehingga
menghasilkan rancangan media komunikasi visual yang terdiri dari iklan
surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam karyawan,
stationary,dan merchandise. Perancangan media komunikasi visual ini
melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary
(brainstroming) yaitu riset, analisis kebutuhan (SWOT), tujuan proyek
studi, penentuan konsep, dan strategi perancangan. Proses pra produksi
yaitu pengambilan objek (pemotretan), seleksi foto, dan manual rough
sketch. Proses produksi yaitu pengembangan dan pembuatan desain secara
komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, serta
pencetakan/print out. Sedangkan untuk proses pasca produksi yaitu
framing karya cetak dan selanjutnya penyajian karya desain. Dalam
melakukan serangkaian pembuatan karya menggunakan software CorelDraw X5
yang digunakan untuk mengolah dan pembuatan desain dalam bentuk vektor,
serta Adobe Photoshop CS3 yang digunakan untuk mengedit dan mengolah
foto dalam bentuk bitmap. Proyek studi ini menghasilkan media komunikasi
visual berupa iklan surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam
karyawan, stationary, dan merchandise dengan ciri umum karya terdapat
logo dan tagline pada setiap media. Perancangan media promosi dengan
mengusung tema klasik elegan ini dirancang dengan memadukan warna antara
cokelat dan krem. Gaya pesan yang digunakan yaitu suasana/citra
terutama pada media billboard yang menggunakan talent. Komposisi yang
akan dibuat menggunakan keseimbangan asimetris dan simetris. Pada
pemilihan tipografi sendiri menggunakan font yang standar seperti font
Arial dan font Cambria. Selain itu dipadukan menggunakan font yang
mewakili tema yang diusung yaitu klasik elegan. Dari perancangan
media-media tersebut pesan yang terkadung bersifat informatif dan
pengingat karena guna mengingatkan akan keberadaan Batik R Banyumas di
mata konsumen.
0 comments:
Post a Comment