Download (1943Kb)
Abstract
Setiap
guru mata pelajaran harus selalu memberi tantangan dengan menyodorkan
sejumlah masalah baru kepada siswa untuk menyelesaikannya, termasuk
pelajaran elektronika. Salah satu model alternatif pembelajaran yang
dikembangkan untuk mengoptimalkan hasil belajar adalah model kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS). Dengan model pembelajaran Think Pair Share
(TPS) siswa belajar dan berkreasi dengan cara mereka sendiri. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Think
Pair Share (TPS) pada materi dasar elektronika, apakah dengan
pembelajaran tersebut hasil belajar elektronika siswa bisa meningkat dan
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 6 Petarukan tahun pelajaran
2014/2015. Sampel dalam penelitian adalah kelas IX C SMP Negeri 6
Petarukan. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian
dianalisis dengan analisis deskriptif untuk mengetahui hasil penelitian
yang telah dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi dasar elektronika di kelas IX C SMP
Negeri 6 Petarukan. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) meningkatkan nilai hasil belajar siswa sebanyak 76,5%. (3)
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan
nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dari 52,9% menjadi 85,3%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran – saran sebagai
berikut: (1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS) pada materi dasar elektronika di kelas lain,
karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Guru dapat
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
pada materi lain yang mempunyai karakter yang sama dengan materi dasar
elektronika. (3) Bagi penelitian selanjutnya perlu diperhatikan pengaruh
aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar
0 comments:
Post a Comment