Abstract
PENING KATAN
KOMPETENSI SISWA D ALAM MATA PELAJ ARAN PEMB UATAN RANGKAIAN PENG END
ALI DASAR MELALUI METOD E
PEMB ELAJ AR AN KOOPER ATIF D I SMK MAAR IF 1 WATES
Oleh: Agus Purwanto 08501241027
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa
kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo
pada Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI Teknik
Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari enam kali pertemuan.
Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi dan evaluasi.
Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan hasil pretest,
postest serta lembar kegiatan siswa. Instrumen penelitian ini adalah
lembar tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah
kualitatif, yaitu dengan cara mereduksi data, mendiskripsiskan data dan
menyimpulkan hasil deskripsi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
kooperatif teknik STAD dan Media Pembelajaran Trainer kendali elektronik
dapat meningkatkan kompetensi siswa, ditunjukkan dengan meningkatnya
tiga aspek, yaitu aspek kognitif yang diketahui dari peningkatan hasil
pretest siklus I nilai rata-rata 6,58 meningkat menjadi 7,37 pada siklus
II, sedangkan hasil postest siklus I nilai rata-rata 7,72 meningkat
menjadi 8,08 pada siklus II. Aspek afektif yang diketahui dari
peningkatan afektif siswa pada saat mengikuti proses kegiatan belajar,
peningkatan dapat ditunjukkan dari persentase rata-rata afektif siswa
pada siklus I pertemuan pertama 55,11% pada pertemuan kedua meningkat
menjadi 67,07%, dan pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 85,21%.
afektif rata-rata siswa pada siklus II pertemuan pertama 73,79% pada
pertemuan kedua meningkat menjadi 83,89% dan dipertemuan ketiga
meningkat menjadi 91.07%. Aspek psikomotorik yang diketahui dari
peningkatan hasil nilai lembar kegiatan siswa pada siklus I pertemuan
ketiga menunjukan nilai rata-rata 88,97 dan meningkat menjadi 94,45 pada
pertemuan kedua siklus II.
Kata kunci : kompetensi, pembelajaran kooperatif, STAD, aspek kognitif,
aspek afektif dan aspek psikomotorik.
v
0 comments:
Post a Comment