SKRIPSI
(PENDIDIKAN MATEMATIKA)
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MATERI SEGIEMPAT KELAS VII
Abstract
Materi
segiempat merupakan materi yang banyak berhubungan dengan kehidupan
sehari-hari sehingga soal-soal yang ada kebanyakan adalah berbentuk soal
cerita. Kebanyakan peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal
yang berbentuk cerita. Untuk itu diperlukan model atau strategi yang
menunjang dalam pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang
dimaksud adalah model pembelajaran kooperatif CIRC dengan pendekatan
open-ended. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah:
(1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada materi pokok
segiempat kelas VII dengan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan
open-ended mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan berpikir kreatif
matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CIRC
dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada kemampuan berpikir
kreatif matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran
konvensional, (3) ada pengaruh aktivitas peserta didik pada pembelajaran
model pembelajaran CIRC dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan
berpikir kreatif matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kuwarasan. Dengan teknik cluster
random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas VII F
sebagai kelas eksperimen dengan model CIRC dengan pendekatan Open-Ended
dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik
berupa kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen sebesar
78,28 dan kelas kontrol sebesar 71,14. Dari hasil uji ketuntasan belajar
dengan uji t dan uji proporsi diperoleh bahwa peserta didik kelas
eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. KKM di SMP N 1 Kuwarasan
adalah 75, sedangkan kriteria ketuntasan klasikal yaitu peserta didik
yang tuntas secara individual minimal sebesar 75%. Dari hasil uji
kesamaan dua rata-rata diperoleh
0 comments:
Post a Comment