SKRIPSI
(PENDIDIKAN MATEMATIKA)
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL DESIGNED STUDENT-CENTERED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Representasi
matematika merupakan salah satu aspek penting dalam Standar Proses
menurut NCTM yang harus dimiliki, dikuasai serta dikembangkan oleh
peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya peserta
didik masih belum dapat menggunakan kemampuannya secara maksimal
terutama dalam memecahkan masalah sehingga perlu adanya cara yang tepat
untuk mengembangkan kemampuan representasi matematika yaitu diperlukan
suatu pembelajaran yang efektif dengan model yang mendukung seperti
model Designed Student-Centered Instructional (DSCI). Salah satu fase
yang esensial pada model pembelajaran tersebut yaitu fase hands-on
activity. Fase ini menuntut peserta didik terlibat langsung dalam
penemuan fakta-fakta matematis baru serta terdapat manipulasi-manipulasi
simbol, gambar, dan benda konkrit untuk membantu pengembangan kemampuan
representasi matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
mengetahui kemampuan representasi matematika peserta didik kelas VIII
yang diberi pembelajaran dengan model DSCI pada materi luas permukaan
bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan belajar atau tidak; serta
(2) mengetahui apakah kemampuan representasi matematika peserta didik
kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ekspositori pada materi
luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hal tersebut yang akan
menentukan apakah model DSCI efektif atau tidak jika digunakan dalam
meningkatkan kemampuan representasi matematika. Populasi yang diambil
dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3
Cilacap tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil secara acak melalui
teknik area (cluster) sampling sehingga diperoleh kelas VIII A sebagai
kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Perolehan
data pada penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode
dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Setelah dilakukan
penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata kemampuan representasi
peserta didik kelas VIII yang diberi pembelajaran dengan model DSCI pada
materi luas permukaan bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan
belajar yaitu rata-rata yang dicapai, mencapai KKM yaitu 75 dan minimal
75% peserta didik dari kelompok eksperimen tuntas secara KKM serta
rata-ratanya lebih baik dibandingkan dengan rata-rata yang dicapai
kelompok kontrol.
0 comments:
Post a Comment