SKRIPSI
(BAHASA INDONESIA)
Kemampuan Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan
Teks Wawancara oleh Siswa Kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan
Raya
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Kemampuan
Mengembangkan Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara oleh Siswa
Kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya”. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis, terutama mengembangkan karangan
narasi berdasarkan teks wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode deskriptif kuantitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan
tugas mengarang narasi berdasarkan teks wawancara kepada siswa. Instrumen yang
digunakan adalah petunjuk dan batasan mengarang narasi. Objek penelitian ini
adalah karangan siswa yang dinilai dari aspek substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substansi terdiri atas kemampuan
menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara.
Aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat efektif, dan
paragraf. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan
Seunagan Kabupaten Nagan Raya sebanyak 48 orang dari jumlah siswa kelas I
sebanyak 190 orang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mereka
dalam mengembangkan karangan tersebut masih kurang. Dilihat dari segi
persentase, siswa memperoleh nilai pada kategori sangat baik tidak ada, kategori baik 6 orang atau 12,5%, kategori
cukup 10 orang atau 20,8%, kategori kurang 7 orang atau 14,5% dan sisanya 25
orang atau 52,0% sangat kurang. Adapun skor rata-rata yang diperoleh mereka adalah
45,39 dan dibulatkan menjadi 45. Dengan demikian kemampuan mengembangkan
karangan narasi berdasarkan teks wawancara oleh siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan
Seunagan Kabupaten Nagan Raya tergolong kurang.
DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP DISINI
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment