SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
STUDI KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN STAD DAN PBL TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN WATES 01 SEMARANG
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini ditemukan permasalahan dalam pembelajaran
diantaranya guru belum menggunakan metode pembelajaran inovatif, masih
menggunakan metode ceramah dengan pendekatan teacher-centered. Guru
belum menumbuhkan partisipasi, kerjasamadan kompetisi diantara siswa.
Siswa kurang tertarik dan kurang termotivasi dalam mengikuti
pembelajaran.Hal ini yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil
belajar IPS kelas VA dan VB SDN Wates 01 Semarag. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Komparasi,design penelitian adalah Pretest-Posttest
Comparations Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
nontes. Sampel penelitian adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen I
berjumlah 37 menerapka model STAD dan VB sebagai kelas eksperimen II
berjumlah 37 menerapkan model PBL. Kedua kelas dilakukan pretest untuk
mengetahui kemampuan awal. Setelah dilakukan tiga kali pembelajaran
kedua kelas diberikan posttsest.Hasil posttest di uji statistik melalui
program SPSS versi 18 yaitu untuk menentukan apakah terdapat perbedaan
signifikan antara model STAD dan PBL terhadap aktivitas dan hasil
belajar IPS kelas V. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa rata-rata nilai
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model
STADsebesar 73,0% kriteria baik. Sementara rata-rata nilai aktivitas
siswa pada kelas eksperimen II yang menerapkan model PBL sebesar
69%kriteria baik.Nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen I
lebih tinggi dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen
II.hal ini membuktikan bahwa lebih tingginya aktivitas belajar siswa
pada kelas yang menerapkan modelSTAD. Hasil posttest menunjukkan, pada
analisis hipotesis uji perbedaan dua rata-ratamenggunakan uji-t pada
kedua kelas, Hasil dari perhitungan SPSS thitung = 3,349 > ttabel
1,666 berarti terima Ha artinya nilai rata-rata hasil posttest kelas VA
dengan menerapkan model STAD lebih baik dari nilai postest kelas VB
setelah menerapkan model pembelajaran PBL. Simpulan penelitian adalah
model pembelajaran STAD lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar IPS kelas VA SDN Wates 01 Semarang dari pada model
pembelajaran PBL.Saran untuk perbaikan yaitu guru hendaknya mampu
mengelola pembelajaran dengan baik sehingga kendala maupun gangguan yang
terjadi selama proses pembelajaran dapat segera teratasi.
0 comments:
Post a Comment