SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD KALIWIRU SEMARANG
ABSTRAK
IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di jenjang SD
merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa – peristiwa yang terjadi di
alam yang mengkaji tentang manusia, dan lingkungannya. Hasil observasi
awal yang dilakukan di SD Kaliwiru Semarang, ditemukan masalah dalam
pembelajaran IPA di kelas V. Masalah ini terjadi karena belum optimalnya
keterampilan guru, kurangnya variasi pemanfaatan metode dan media
pembelajaran, sehingga berakibat rendahnya aktivitas siswa, dan hasil
belajar siswa yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu adanya
perbaikan kualitas pembelajaran IPA melalui model Teams Games Tournament
(TGT). Rumusan masalah “Bagaimana cara meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA melalui model TGT pada siswa kelas V SD Kaliwiru
Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model
Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model TGT. Penelitian
tindakan ini terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus, setip siklus dua
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 30 siswa kelas V SD
Kaliwiru Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I
memperoleh skor 17,5 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 27
dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh
rata-rata 17,7 dengan kriteria baik, dan siklus II memperoleh 22,15
dengan kriteria sangat baik. Presentase ketuntasan klasikal hasil
belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase 57%, siklus II
memperoleh presentase 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah
implementasi Model Temas Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD
Kaliwiru Semarang. Saran-saran yang dapat disampaikan guru dapat
menerapkan model TGT karena model ini membuat siswa lebih aktif dalam
kegiatan belajar.
0 comments:
Post a Comment