SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 01 SEMARANG
ABSTRAK
Berdasarkan pengalaman peneliti selama PPL di SD Tambakaji 01 Semarang
ditemukan berbagai masalah pada pembelajaran matematika kelas IVB yaitu
guru belum melakukan penanaman konsep dengan menggunakan benda-benda
konkret,gambar-gambar yang mewakili suatu benda kepada siswa, guru
langsung mengajarkan siswa ke tahap simbolisasi, terdapat beberapa
fasilitas seperti komputer di sekolah tetapi tidak dimanfaatkan untuk
media pada saat pembelajaran, sumber belajar atau media tidak dapat
interaktif dengan siswa. Hal tersebut berdampak buruk pada hasil belajar
domain kognitif siswa. Sebanyak 20 siswa dari 37 (58,4%) siswa
mendapatkan nilai kurang dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 60.
Berdasarkan kenyataan tersebut, maka diadakan perbaikan dengan
menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif. Rumusan masalah secara
umum adalah Apakah penerapan teori Bruner berbantuan media CD
Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di kelas
IVB SDN Tambakaji 01?. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua
siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Masing-masing siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SD Tambakaji
01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi
dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian
dengan menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif dapat diketahui
bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar ranah
kognitif siswa mengalami peningkatan. Keterampilan guru meningkat secara
berturut-turut setiap siklusnya dengan rata-rata 35, 38,5. Aktivitas
siswa meningkat secara berturut-turut setiap siklusnya dengan rata-rata
20,5, 34,3. Hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat secara
berturut-turut setiap siklusnya dengan ketuntasan klasikalnya pada akhir
siklus adalah 75,7%, 86,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui
penerapan teori Bruner berbantuan CD Interaktif dapat meningkatkan
keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sehingga
kualitas pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar meningkat.
Saran dalam menerapkan teori Bruner berbantuan CD Interaktif pada
pembelajaran yaitu guru sebaiknya dalam pembelajaran menanamkan konsep
dengan benda-benda konkret serta menggunakan media yang dapat interaktif
dengan siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment