SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
KEEFEKTIFAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEBONG KIDUL KOTA TEGAL
ABSTRAK
Salah satu faktor penyebab kurang berhasilnya proses pembelajaran Bahasa
Indonesia adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model
pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang aktif saat proses
pembelajaran. Model NHT dapat dijadikan sebagai model pembelajaran
alternatif dengan mempertimbangkan karakteristik siswa SD yang senang
bermain dan bekerja dalam kelompok. Tujuan penelitian ini mengetahui
keefektifan model NHT pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca
pemahaman. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Debong
Kidul Kota Tegal tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 65 siswa yang
terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel penelitian
diambil dari kelas VA sebagai sampel eksperimen dan kelas VB sebagai
sampel kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, tes,
dan Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Instrumen penelitian yang
digunakan meliputi silabus, RPP, dan soal tes pilihan ganda untuk pretes
dan postes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data
penelitian yaitu uji prasyarat analisis dan analisis akhir. Uji
prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pada
analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah
uji t. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan
menggunakan rumus independent sample t test melalui program SPSS versi
20 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,731 dan ttabel sebesar 2,006.
Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil
perbandingan 2,731>2,006 (thitung>ttabel), maka Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman dengan penerapan
model Number Heads Together lebih efektif dari pada hasil belajar siswa
yang menerapkan pembelajaran konvensional. Saran penulis yaitu sebelum
menerapkan model NHT, guru hendaknya merencanakan pembelajaran yang akan
dilaksanakan dengan baik, terutaman hal-hal yang berkaitan dengan model
NHT seperti: pembagian kelompok, dan menstimulus siswa untuk memberikan
tanggapan demi terwujudnya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
0 comments:
Post a Comment