SKRIPSI
(TEKNIK ELEKTRO)
Sistem Otomatisasi Pengaturan Rem Pada Mobil Berbasis Mikrokontoler Menggunakan Logika Fuzzy
Keyword : Pengaturan Rem Otomatis, Logika Fuzzy, Jarak, Kecepatan
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas saat ini menjadi salah satu
faktor kesalahan bagi pengemudi dalam berkendara (human error). Untuk
menghindari hal itu, kedisiplinan dan konsentrasi pada saat berkendara
sangat dibutuhkan. Namun, kualitas sistem keamanan kendaraan juga sangat
mempengaruhi keselamatan pengemudi. Dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang telah ada memungkinkan manusia untuk
membuat sistem keamanan pada kendaraan. Kecelakaan sering terjadi karena
pengendara tidak dapat mengendalikan laju kendaraan dengan segera
ketika secara mendadak ada obyek di depan. Terlebih lagi ini terjadi
saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat diatasi
dengan membuat sistem pengereman otomatis maka laju kendaraan akan
melambat meskipun pengendara tidak menarik tuas rem. Pada tugas akhir
ini, dirancang sebuah sistem otomatis pengaturan rem menggunakan logika
fuzzy dengan membuat prototype untuk mengevaluasi cara kerja dari bentuk
fungsi keanggotaan yang akan digunakan pada perancangan ini. Dari
perancangan ini diketahui nilai dari setiap fungsi keanggotaan dan rules
yang ditentukan untuk mengetahui nilai keluaran dari kekuatan rem, agar
terciptannya penggaturan rem otomatis yang handal. Dan diketahui jarak
mobil prototype dapat melaju diantara mobil (obstacle) lain dengan
lebar 50cm dan pengereman mobil prototype berhenti total berjarak ±
5-10 cm dengan obstacle didepannya
The high number of traffic
accidents at this time became a factor for the driver in a drive error (
human error ). To avoid it, discipline and concentration when driving
is needed. However, the quality of the vehicle security system is also
greatly affects the safety of the driver. With the development of
science and technology that have enabled humans to make the existing
security system in the vehicle . Accidents often happen because the
driver can not control the vehicle speed immediately when suddenly there
is an object in front. Moreover this happens while the vehicle is
driving at high speed. This can be overcome by making the automatic
braking system will slow down the pace of the vehicle even though the
driver did not pull the brake lever. In this thesis, designed a system
of automatic brake adjustment using fuzzy logic to make a prototype to
evaluate the workings of the shape of the membership functions to be
used in this design. Of this design will be identification of values and
rules are defined to determine the value of the power brake outputan,
the settings for the creation of a reliable automatic brake. And note
distance the car prototype can go in the other with a 50cm width and
braking the car prototype stopped completely in front.
DOWNLOAD SKRIPSI LENGKAP DISINI
COVERDAFTAR ISI
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
0 comments:
Post a Comment