SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASAN DAN SASTRA JAWA)
Teknik Inkuiri dalam Menyimak Berita sebagai Strategi Meningkatkan Belajar Bahasa Jawa dalam Problem Based Learning (Classroom Action Research) Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.
ABSTRAK
Penelitian ini memilih teknik Inkuiri untuk membantu siswa dalam
keterampilan menyimak berita. Teknik Inkuiri memudahkan siswa karena
mereka dituntut untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan
mereka diminta untuk memecahkan masalahnya sendiri, membuat keputusan,
dan memperoleh keterampilan. Teknik tersebut juga dipilih sebagai solusi
agar pembelajaran menyimak tidak hanya bergantung pada teknik
tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap
positif siswa dalam belajar Bahasa Jawa dan meningkatkan keterampilan
siswa dalam menyimak berita berbahasa Jawa setelah menggunakan teknik
Inkuiri dan media tape recorder. Penelitian ini memberikan masukan pada
guru memperbaiki strategi atau teknik mengajar yang selama ini digunakan
sehingga dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan
bermanfaat bagi siswa dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran
khususnya menyimak berita, meningkatkan sikap positif siswa dalam
belajar, dan melatih siswa untuk melakukan kegiatan menyimak secara
intensif dan efektik sehingga siswa tidak merasa bosan tetapi siswa akan
lebih tertarik dan antusias pada pembelajaran menyimak dengan teknik
Inkuiri. Sampel penelitian ini adalah siswa VII C SMP Negeri 3 Semarang.
Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita dan media
tape recorder teknik Inkuiri. Instrumen penelitian ini yaitu instrumen
tes dan nontes. Instrumen tes yaitu siswa menjawab soal pemahaman isi
berita dan soal mengenai pokok-pokok berita. Sedangkan nontes berupa
observasi, wawancara, jurnal dan dokumentasi foto. Penilaian tes
menyimak berita dalam penelitian ini, dinilai dari aspek pemahaman isi
berita dan aspek menyimak berita sesuai indikator. Penelitian tindakan
kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil
analisis data pada penelitian prasiklus, siklus I, dan siklus II
diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan perubahan sikap
siswa menjadi lebih baik dalam mengikuti pembelajaran menyimak berita
dengan teknik Inkuiri. Pada tindakan prasiklus nilai komulatif menyimak
berita mencapai 59,8 berkategori cukup. Nilai tersebut mengalami
peningkatan pada siklus I sebesar 74,9 berkategori baik dan 83,35 pada
siklus II dan termasuk kategori baik. Dari prasiklus ke siklus I naik
sebesar 15,1 atau 25,3 %. Sedangkan pada siklus II naik sebesar 8,45
atau 11,3 %. Hasil penelitian nontes menunjukkan menyimak berita dengan
menggunakan media tape recorder dengan teknik Inkuiri dapat meningkatkan
keterampilan menyimak siswa serta dapat meningkatkan sikap positif
siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Hal ini dapat dilihat dari hasil
observasi pada siklus II siswa yang mengikuti pembelajaran keterampilan
menyimak berita dengan penuh perhatian dan melaksanakan siklus Inkuiri
dengan baik sebesar 86,7 % yang semula pada siklus I sebesar 73,3 %.
Dari hasil wawancara diketahui bahwa 3 siswa yang mendapat nilai tinggi,
sedang, dan rendah mengatakan bahwa mereka tertarik dan merasa senang
terhadap pembelajaran menyimak berita dengan media tape recorder dan
teknik Inkuiri karena dengan teknik Inkuiri pengetahuan dan keterampilan
bukan diperoleh siswa dari hasil mengingat seperangkat fakta-fakta,
tetapi hasil dari menemukan sendiri, jadi siswa lebih aktif dalam
mengikuti pembelajaran. Hasil nontes berupa dokumentasi foto merupakan
bukti visual bahwa penelitian keterampilan menyimak berita dengan
menggunakan media tape recorder dengan teknik Inkuiri benar-benar telah
dilaksanakan oleh peneliti. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru
memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan
media tape recorder dengan teknik Inkuiri dalam pembelajaran
keterampilan menyimak berita untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan
siswa serta membantu siswa dalam pembelajaran menyimak berita. Karena
Inkuiri dapat mengembangkan percaya diri siswa, mendorong siswa berpikir
dan bekerja menurut inisiatifnya, mengembangkan bakat dan kecakapan
hidup, memberi kesempatan belajar mandiri dan mendorong siswa memperoleh
informasi.
0 comments:
Post a Comment