SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
HUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN TEORI MERAKIT PC DENGAN KINERJA DALAM PRAKTIKUM MERAKIT PC PADA PROGRAM REKAYASA PERANGKAT LUNAK KELAS X DI SMK N 2 PURWAKARTA
ABSTRAK
Hasil belajar merupakan salah satu tujuan pembelajaran dalam hasil
belajar mencakup tiga ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Sesuai
dengan tujuan pencapaian pebelajaran menjadikan siswa mampu menghasilkan
kinerja tinggi dalam pelajaran merakit PC. Penelitian ini untuk
mengetahui berapa tinggi tingkat pencapaian hasil belajar kognitif siswa
dalam mata pelajaran praktikum merakit PC. Serta mengetahui hubungan
pencapaian pembelajaran teori merakit PC dengan kinerja siswa dalam
praktikum merakit PC Jurusan RPL kelas X di SMK N 2 Purwakarta. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa kelas X progam keahlian Rekayasa
Perangkat Luak SMK N 2 Purwakarta sebanyak 70 siswa. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas X RPL 1 sebanyak 35 siswa. Variabel yang
diteliti ada dua yaitu pencapaian pembelajaran teori merekait PC pada
praktikum merakit PC rogram rekayasa perangkat lunak sebagai variabel
bebas dan kinerja siswa dalam praktikum merakit PC kelas X SMK N 2
Purwakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebagai variabel terikat. Data
diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan test. Berdasarkan analisis
hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat ada hubungan yang signifikan
antara pencapaian pembelajaran teori merakit PC dengan kinerja siswa
dalam praktikum merakit PC jurusan RPL kelas X di SMK N 2 Purwakarta.
Dengan uji korelasi diperoleh nilai rtabel = 0,235 > sedang rxy =
0,407,karena rxy > rtabel dengan demikian maka Ha diterima dan
hipotesis yang diuji adalah terbukti. Saran yang dapat diberikan dari
peneliti penelitian ini adalah bagi siswa lebih meningkatkan penguasaan
teori belajar sebelum melakukan praktikum merakit PC dan bagi guru
hendaknya dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan teori
belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment