SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS
ABSTRAK
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi dalam dunia 
pendidikan semakin pesat. Hal ini menimbulkan persaingan antar satuan 
pendidikan. Multimedia untuk membantu mengenal nama–nama hewan 
peliharaan bagi anak usia dini diharapkan dapat membantu salah satu 
tempat pendidikan anak usia dini untuk memanfaatkan multimedia tersebut 
dalam proses pembelajarannya Permasalahan dalam penelitian ini adalah 
apakah pemanfaatan multimedia pembelajaran bagi anak usia dini dapat 
menunjukan perbedaan tingkat keaktifan siswa, dan apakah bahan ajar 
multimedia tersebut sudah sesuai dengan kurikulum pembelajaran untuk 
anak usia dini ditempat pelaksanaan penelitian. Tujuan penelitian yang 
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana 
hasil pemanfaatan multimedia yang digunakan untuk membantu mengenal 
nama-nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, dan mengetahui kelayakan
 multimedia untuk membantu mengenal nama-nama hewan peliharaan bagi anak
 usia dini sebagai pendukung proses pembelajaran subtema binatang. 
Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan t-tes with control group
 desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini 
dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian
 menunjukan yaitu terdapat perbedaan tingkat keaktifan siswa yang 
signifikan, ini dapat dilihat dari uji beda t-tes skor rata-rata 
keaktifan siswa kelas A dan B didapat nilai t-hitung sebesar 7,308 dan 
nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari α = 0,05. Dari angket 
kelayakan media didapat nilai rata-rata 3,1 (skala 4), sedang dari 
angket kesesuaian materi didapat nilai rata-rata 3,37 (skala4). 
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan 
siswa antara yang sudah memanfaatkan multimedia dengan yang belum dan 
multimedia yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di 
TK I Gabus. Saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini 
adalah sebaiknya dalam proses pembelajaran subtema hewan peliharaan, 
guru pengampu hendaknya menggunakan multimedia untuk membantu mengenal 
nama – nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, karena terbukti dapat 
meningkatkan keaktifan siswa.
Download file lengkap klik disini 
 
0 comments:
Post a Comment