SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENGETAHUI PERBEDAAN TINGKAT KEAKTIFAN SISWA PADA SUBTEMA MENGENAL NAMA-NAMA HEWAN PELIHARAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TK I GABUS
ABSTRAK
Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi dalam dunia
pendidikan semakin pesat. Hal ini menimbulkan persaingan antar satuan
pendidikan. Multimedia untuk membantu mengenal nama–nama hewan
peliharaan bagi anak usia dini diharapkan dapat membantu salah satu
tempat pendidikan anak usia dini untuk memanfaatkan multimedia tersebut
dalam proses pembelajarannya Permasalahan dalam penelitian ini adalah
apakah pemanfaatan multimedia pembelajaran bagi anak usia dini dapat
menunjukan perbedaan tingkat keaktifan siswa, dan apakah bahan ajar
multimedia tersebut sudah sesuai dengan kurikulum pembelajaran untuk
anak usia dini ditempat pelaksanaan penelitian. Tujuan penelitian yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
hasil pemanfaatan multimedia yang digunakan untuk membantu mengenal
nama-nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, dan mengetahui kelayakan
multimedia untuk membantu mengenal nama-nama hewan peliharaan bagi anak
usia dini sebagai pendukung proses pembelajaran subtema binatang.
Desain penelitian ini adalah dengan menggunakan t-tes with control group
desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan yaitu terdapat perbedaan tingkat keaktifan siswa yang
signifikan, ini dapat dilihat dari uji beda t-tes skor rata-rata
keaktifan siswa kelas A dan B didapat nilai t-hitung sebesar 7,308 dan
nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari α = 0,05. Dari angket
kelayakan media didapat nilai rata-rata 3,1 (skala 4), sedang dari
angket kesesuaian materi didapat nilai rata-rata 3,37 (skala4).
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keaktifan
siswa antara yang sudah memanfaatkan multimedia dengan yang belum dan
multimedia yang digunakan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di
TK I Gabus. Saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini
adalah sebaiknya dalam proses pembelajaran subtema hewan peliharaan,
guru pengampu hendaknya menggunakan multimedia untuk membantu mengenal
nama – nama hewan peliharaan bagi anak usia dini, karena terbukti dapat
meningkatkan keaktifan siswa.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment