SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
KONTRIBUSI MAHASISWA KKN TERPADU PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DI SEKOLAH MITRA
ABSTRAK
Pendidikan Teknik Elektro adalah salah satu program studi kependidikan
yang ada di Universitas Negeri Semarang, yang ditujukan untuk menjadi
tenaga pendidik baik tingkat SMP, SMA maupun SMK. Pendidikan Teknik
Elektro dipilih untuk ikut serta dalam program KKN terpadu. Program ini
bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran berbasis TIK. Untuk mencapai
tujuan KKN terpadu, mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang mengikuti
KKN terpadu telah diberikan bekal oleh penyelenggara. Besarnya
kontribusi mahasiswa dalam pengembangan pembelajaran berbasis TIK di
sekolah mitra, bisa diukur dari tingkat keberhasilan mahasiswa dalam
melaksanaan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk tercapainya tujuan
dari program KKN terpadu. Permasalahn dalam penelitian adalah “berapa
besar kontribusi yang diberikan oleh mahasiswa KKN terpadu Pendidikan
Teknik Elektro kepada SMK untuk pengembangan pembelajaran berbasis TIK
di sekolah mitra”. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar
kontribusi mahasiswa KKN terpadu Pendidikan Teknik Elektro di SMK dalam
pengembangan pembelajaran berbasis TIK di sekolah mitra. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2008
sebanyak 30 mahasiswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara dan
dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Wawancara dilakukan kepada
mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2008 dan dokumentasi
diambil dari laporan akhir KKN terpadu mahasiswa Pendidikan Teknik
Elektro. Setelah wawancara dan pengumpulan dokumentasi, kemudian
hasilnya dianalisis dan deskripsikan dalam gambar grafik kemudian
diuraikan dalam bentuk diskusi yang diberi keterangan seberapa besar
keaktifan dan kontribusi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan
yang bertujuan untuk tercapainya tujuan dari program KKN terpadu. Dari
hasil penelitian, diketahui ada 2 variabel yang mempengaruhi peningkatan
pembelajaran berbasis TIK, yaitu pembelajaran berbasis internet dan
media belajar berbasis TIK. Untuk variabel pembelajaran berbasis
internet, persentase kontribusi mahasiswa lebih besar yaitu 81%
dibandingkan variabel media belajar berbasis TIK yang hanya 55%.
Alasannya karena beberapa tempat KKN terpadu masih sulit untuk mengakses
internet. Dan secara keseluruhan persentase kontribusi mahasiswa KKN
terpadu sebesar 68%, artinya mahasiswa KKN terpadu berkontribusi besar
terhadap pengembangan pembelajaran berbasis TIK.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment