SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
IMPLEMENTASI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VA SDN WATES 01 SEMARANG
ABSTRAK
Berdasarkan refleksi yang dilakukan guru bersama kolaborator ditemukan
permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran IPS yaitu keterampilan guru
belum maksimal melakukan inovasi pembelajaran, siswa tidak termotivasi
aktif dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 30,56%.
Implementasi model quantum teaching dengan media flashcard diharapkan
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah apakah implementasi model quantum teaching dengan
media flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajarn IPS pada siswa
kelas VA SDN Wates 01 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah
meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VA SDN Wates 01
Semarang menggunakan model quantum teaching dengan media flashcard.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian
dilaksanakan dalam 3 siklus pada siswa kelas VA SDN Wates 01 yang
berjumlah 36 siswa dan guru sebagai subyek penelitian. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dokumentasi, angket,
dan catatan lapangan. Data kualitatif dan kuantitatif dianalisis
menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1.
keterampilan guru meningkat, terbukti pada siklus I memperoleh skor 38
kategori baik, siklus II berjumlah 46 skor kategori sangat baik, dan
siklus III medapatkan skor 48 kategori sangat baik; 2. aktivitas siswa
meningkat, siklus I rata-rata skor 33,31 kategori sangat baik, siklus II
rata-rata jumlah skor 34,53 kategori sangat baik, siklus III rata-rata
jumlah skor 37,36 kategori sangat baik; 3. hasil belajar siswa
meningkatkan, memperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 66,67 %
nilai rata-rata 74,9, siklus II sebesar 77,78% nilai rata-rata 80,1,
siklus III mendapatkan 91,67% nilai rata-rata 87,9. Simpulan dari
penelitian ini adalah implementasi model quantum teaching dengan media
flashcard dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas VA
SDN Wates 01 Semarang. Setelah penelitian disarankan kepada guru agar
mengembangkan keterampilannya menggunakan variasi model dan media untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
Download file lengkap klik disini
download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment