(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
KORELASI PENGARUH TAYANGAN TELEVISI TERHAPAD PERKEMBANGAN PERILAKU NEGATIF ANAK USIA DINI
ABSTRAK
Masa kanak-kanak atau sering disebut usia dini adalah sebuah fase yang
harus dilalui oleh manusia. Pada masa ini anak belum dapat berpikir mana
yang baik dan mana yang buruk. Perkembangan perilaku anak dipengaruhi
oleh berbagai faktor antara lain adalah tayangan televisi. Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah, apakah ada hubungan pengaruh
tayangan televisi dengan perkembangan perilaku negatif anak kelompok B
Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Kudus dan seberapa besar
hubungan tersebut? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara tayangan televisi dengan
perkembangan perilaku negatif anak dan di Taman Kanak-kanak tersebut,
dan seberapa besar hubungan tersebut. Populasi penelitian ini adalah
murid kelompok B Taman Kanak kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Kudus.
Adapun jumlah populasi adalah sebanyak 76 anak usia dini terdiri atas 33
peserta didik laki-laki dan 43 peserta didik perempuan, setelah
dihitung menggunakan validitas dan realibilitas maka sampel yang
digunakan sebanyak 50 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Responden yang
terpilih diberi angket yang berisi tentang pengaruh tayangan televisi
dan perkembangan perilaku negatif anak usia dini. Data yang diperoleh
diolah dengan bantuan SPSS versi 11.00 dengan statistik model linier,
sebelum analisis dilakukan uji t, uji F dan uji asumsi klasik yakni; uji
Multikolinearitas, uji normalitas dan uji heterokedastitas. Hasil
penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengaruh
tayangan televisi (X) dengan perkembangan perilaku negatif anak (Y) di
Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Kudus dengan hasil yang
menunjukkan bahwa korelasi antara variable x dan y tergolong cukup.
Nilai signifikan F hitung (38,019) > dari nilai F table (2,31) atau
signifikan (0.00) < alpha (0.05), menunjukkan bahwa ada hubungan
signifikan antara variabel x dan y. Melihat hasil penelitian tersebut
maka dampingan orang tua sewaktu anak sedang menonton televisi sangat
diperlukan .Orang tua dapat mengatur jadwal menonton televisi
anak-anaknya. Orang tua harus dapat memilih acara yang sesuai dengan
usia anak. Orang tua harus mengetahui acara favorit anak. Orangtua
sebaiknya tidak meletakkan televisi di kamar anak .Ajak anak untuk
melakukan banyak aktivitas lain selain hanya menonton televisi. Ajari
anak untuk memperbanyak membaca buku yang bermanfaat. Orangtua harus
membiasakan anak tidak menonton televisi di hari-hari sekolah. Orangtua
harus membekali anak dengan pendidikan yang mengandung nilai-nilai
agama.
Download file lengkal klik disini
0 comments:
Post a Comment