SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA
ABSTRAK
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang dunia pendidikan
 dapat memberikan hal baru dalam kegiatan belajar mengajar. Identifkasi 
awal penulis dilakukan pada saat pelaksanaan PPL di SMK Negeri 2 
Salatiga, penulis menyimpulkan bahwa pada umumnya guru mata pelajaran 
hanya menggunakan metode ceramah, Sehingga kesan yang ditimbulkan adalah
 keaktifan siswa sangat kurang. Karena, lebih terlihat sederhana dan 
menarik minat dan semangat belajar siswa – siswi. Multimedia 
pembelajaran dapat memberikan pengalaman baru dalam kegiatan belajar 
siswa - siswi. Dari hasil penelitian dengan memanfaatkan multimedia 
pembelajaran Prestasi belajar pada nilai rata – rata kelas (klasikal) 
peserta didik (kelas eksperimen) yang telah memanfaatkan multimedia 
dalam proses belajar mengajar yang memperoleh nilai rata – rata kelas 
(klasikal) yang juga lebih baik dengan nilai rata – rata 82.38 dengan 
prosentase 82.38% dan dengan kriteria baik sekali apabila dibandingkan 
dengan peserta didik (kelas normal) yang belum memanfaatkan multimedia 
dalam proses belajar mengajarnya dengan nilai rata – rata 74.92 dengan 
prosentase 79% dan dengan kriteria baik. Sedangkan keaktifan siswa yang 
telah memanfaatkan multimedia selama proses pembelajaran memiliki 
kategori/kriteria sangat tinggi sebesar 40.63% atau sejumlah 13 siswa, 
sebesar 50.00% atau 16 siswa dalam kategori/kriteria tinggi dan sisanya 
memiliki kriteria/kategori sedang sebesar 9.38% dengan jumlah 3 siswa. 
Dengan adanya pembelajaran yang telah memanfaatkan multimedia dalam 
proses belajar mengajar maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa secara
 garis besar rata – rata 94,35% peserta didik telah meningkat 
keaktifannya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan dari 
penelitian ini, pemanfaatan multimedia dalam proses belajar mengajar 
dapat dikatakan layak sebagai media penyampaian materi ajar dalam mata 
pelajaran pemrograman mikrokontroller, karena multimedia ini dapat 
menyajikan secara terintegrasi antara audio, video, teks, grafik, dan 
animasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang 
interaktif dan menarik sehingga dapat membantu dan mempermudah guru 
dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik dan dengan tujuan 
untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat 
meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Download skripsi lengkap klik disini 
 
0 comments:
Post a Comment