SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SALATIGA
ABSTRAK
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang dunia pendidikan
dapat memberikan hal baru dalam kegiatan belajar mengajar. Identifkasi
awal penulis dilakukan pada saat pelaksanaan PPL di SMK Negeri 2
Salatiga, penulis menyimpulkan bahwa pada umumnya guru mata pelajaran
hanya menggunakan metode ceramah, Sehingga kesan yang ditimbulkan adalah
keaktifan siswa sangat kurang. Karena, lebih terlihat sederhana dan
menarik minat dan semangat belajar siswa – siswi. Multimedia
pembelajaran dapat memberikan pengalaman baru dalam kegiatan belajar
siswa - siswi. Dari hasil penelitian dengan memanfaatkan multimedia
pembelajaran Prestasi belajar pada nilai rata – rata kelas (klasikal)
peserta didik (kelas eksperimen) yang telah memanfaatkan multimedia
dalam proses belajar mengajar yang memperoleh nilai rata – rata kelas
(klasikal) yang juga lebih baik dengan nilai rata – rata 82.38 dengan
prosentase 82.38% dan dengan kriteria baik sekali apabila dibandingkan
dengan peserta didik (kelas normal) yang belum memanfaatkan multimedia
dalam proses belajar mengajarnya dengan nilai rata – rata 74.92 dengan
prosentase 79% dan dengan kriteria baik. Sedangkan keaktifan siswa yang
telah memanfaatkan multimedia selama proses pembelajaran memiliki
kategori/kriteria sangat tinggi sebesar 40.63% atau sejumlah 13 siswa,
sebesar 50.00% atau 16 siswa dalam kategori/kriteria tinggi dan sisanya
memiliki kriteria/kategori sedang sebesar 9.38% dengan jumlah 3 siswa.
Dengan adanya pembelajaran yang telah memanfaatkan multimedia dalam
proses belajar mengajar maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa secara
garis besar rata – rata 94,35% peserta didik telah meningkat
keaktifannya dalam mengikuti proses belajar mengajar. Berdasarkan dari
penelitian ini, pemanfaatan multimedia dalam proses belajar mengajar
dapat dikatakan layak sebagai media penyampaian materi ajar dalam mata
pelajaran pemrograman mikrokontroller, karena multimedia ini dapat
menyajikan secara terintegrasi antara audio, video, teks, grafik, dan
animasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang
interaktif dan menarik sehingga dapat membantu dan mempermudah guru
dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik dan dengan tujuan
untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta dapat
meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Download skripsi lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment