SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
ABSTRAK
Peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan merupakan masalah yang
selalu menuntut perhatian. Tingkat penyerapan pelajaran yang diterima
antara siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda, ada yang
berkemampuannya rendah ada yang tinggi. Ini merupakan tantangan bagi
guru agar dapat memaksimalkan daya serap masing-masing siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan,
membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa bahan ajar
interaktif untuk pembelajaran mata pelajaran teknik instalasi tenaga
listrik dengan macromedia flash dan apakah pemakaian bahan ajar
interaktif ini sesuai untuk digunakan di SMK. Tujuan penelitian yang
hendak dicapai adalah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji
perangkat lunak berbentuk bahan ajar interaktif untuk membantu
pembelajaran dalam penyajian materi mata pelajaran “Teknik Instalasi
Tenaga Listrik” di SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penyelesaian penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan angket/
cheklist. Hasil ujicoba media pembelajaran secara keseluruhan responden,
dari pakar multimedia menyatakan 84,30% dengan kriteria baik, dari guru
menyatakan 81,79% dengan kriteria baik, dari siswa di bagi dua variabel
yaitu variabel tanggapan dari siswa menyatakan 78,19% dengan kriteria
baik dan variabel sikap siswa menyatakan 77,04% dengan kriteria baik.
Hasil ujicoba kepada seluruh responden menyatakan bahan ajar interaktif
ini layak digunakan sebagai bahan ajar di SMK dan telah memenuhi
indikator keberhasilan dengan prosentase ratarata sebesar 81,23% atau
dalam kategori baik. Program bahan ajar ini sebaiknya digunakan sebagai
bahan ajar tambahan untuk mata pelajaran teknik instalasi tenaga
listrik. Perlu diadakannya penelitian lanjutan tentang pengembangan
program bahan ajar elektronik dengan model yang lain sebagai tambahan
sarana pembelajaran.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment