SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUNTING KARANGAN BERMUATAN MULTIKULTURAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS IX
ABSTRAK
Pembelajaran menyunting karangan bagi siswa SMP/MTs kelas IX membutuhkan
buku pengayaan menyunting karangan yang dapat memotivasi siswa serta
memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Namun, buku yang
tersedia saat ini belum sesuai bila digunakan oleh siswa SMP/MTs kelas
IX, sehingga diperlukan pengembangan buku pengayaan menyunting karangan
bermuatan multikultural menggunakan pendekatan kontekstual untuk siswa
SMP/MTs kelas IX. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu
(1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan
menyunting karangan bermuatan multikultural menggunakan pendekatan
kontekstual untuk siswa SMP/MTs kelas IX, (2) bagaimanakah prinsip
penyusunan buku pengayaan menyunting karangan yang sesuai dengan
kebutuhan siswa dan guru, (3) bagaimanakah prototipe buku pengayaan
menyunting karangan, (4) bagaimanakah penilaian guru dan ahli terhadap
prototipe buku pengayaan menyunting karangan, dan (5) bagaimanakah
tanggapan siswa terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan
yang dikembangkan oleh peneliti. Berkaitan dengan permasalahan tersebut,
penelitian bertujuan mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap buku
pengayaan menyunting karangan, mengetahui prinsip penyusunan buku
pengayaan menyunting karangan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan
guru, mengetahui prototipe buku pengayaan menyunting karangan,
mengetahui penilaian guru dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan
menyunting karangan, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap prototipe
buku pengayaan menyunting karangan yang dikembangkan oleh peneliti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D)
yang dilakukan dalam enam tahap, yaitu survei pendahuluan, awal
pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi atau
perbaikan produk, dan uji coba terbatas. Sumber data dalam penelitian
ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan deskripsi kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan
data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) berdasarkan analisis
kebutuhan, siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan menyunting karangan
bermuataan multikultural yang memiliki penyajian materi menggunakan
pendekatan kontekstual, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia
baku, multikultural yang diperkenalkan adalah keragaman budaya, dan
grafika buku pengayaan yang menarik. (2) Berdasarkan analisis kebutuhan
tersebut didapatkan prinsip-prinsip penyusunan, yang dibagi menjadi
beberapa dimensi, yaitu isi buku memuat penjelasan mengenai materi
pengenalan multikultural, hakikat karangan, hakikat menyunting,
menyunting ejaan, menyunting tanda baca, menyunting diksi, menyunting
kalimat efektif, menyunting keterpaduan paragraf, dan menyunting
kebulatan wacana; penyajian materi memuat penyajian yang disusun
berdasarkan penyesuaian kebutuhan guru dan siswa, yang terdiri atas tiga
bagian yaitu bagian pendahuluan, isi, dan penutup; penggunaan bahasa
dalam buku pengayaan yang disesuaikan dengan tingkat keterbacan siswa
SMP/MTs kelas IX; dan grafika buku pengayaan, grafika buku yang telah
disesuaikan dengan keinginan guru dan siswa. (3) Prototipe buku
pengayaan meliputi bagian awal yang terdiri atas sampul buku pengayaan,
bentuk buku pengayaan, petunjuk penggunaan buku; bagian isi terdiri atas
enam bab; dan bagian penutup terdiri atas daftar pustaka, indeks, dan
glosarium. (4) Penilaian yang didapat yaitu aspek materi nilai rata-rata
67,2 (kategori baik), aspek penyajian materi nilai rata-rata 75
(kategori baik), aspek grafika nilai rata-rata 81,7 (kategori baik), dan
aspek bahasa dan keterbacaan nilai rata-rata 77,9 (kategori baik).
Perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menyunting karangan meliputi
materi perlu difokuskan lagi pada keterampilan menyunting karangan,
penyajian materi diurutkan lagi secara sistematis dan pendekatan
kontekstual lebih ditonjolkan, ada beberapa bagian buku yang
keterbacaannya disesuaikan lagi dengan tingkat keterbacaan siswa, dan
ilustrasi menyunting pada sampul buku lebih ditonjolkan. (5) Berdasarkan
tanggapan siswa terhadap protitipe, diketahui bahwa materi dalam buku
pengayaan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, bahasa dalam buku
pengayaan sudah komunikatif, penyajian materi dengan soal sesuai, dan
grafika buku pengayaan sesuai dengan siswa SMP/MTs sehingga dapat
diketahui bahwa buku pengayaan mampu menarik minat siswa dalam belajar
menyunting karangan. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti yaitu
guru hendaknya dapat menggunakan buku pengayaan sebagai bahan ajar dalam
pembelajaran menyunting karangan di kelas, siswa dapat menggunakan buku
pengayaan sebagai buku pendamping yang memperkaya keterampilan siswa
dalam menyunting karangan, pemerhati pendidikan hendaknya dapat
mengadakan pengembangan terhadap bahan ajar menyunting karangan agar
melengkapi buku pengayaan menyunting, dan peneliti bidang bahasa
Indonesia perlu mengadakan penelitia.
0 comments:
Post a Comment