SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (BIDAK) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI5 MAYONG LOR KABUPATEN JEPARA
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa dan sastra
Indonesia yang mengajar kelas V SD Negeri 5 Mayong Lor Kabupaten Jepara,
keterampilan menulis puisi yang dimiliki peserta didik kelas V masih
rendah. Hal ini disebabkan oleh ketidakpahaman peserta didik
menyesuaikan isi puisi dengan tema. Peserta didik masih kesulitan dalam
menentukan tema, diksi yang tidak sesuai dengan tema, rima yang kurang
mendukung maksud dan suasana puisi, serta tipografi yang kurang tepat.
Selama ini pembelajaran menulis puisi yang dilakukan guru masih
menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton.
Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkanketerampilanmenulis puisi
adalah dengan pembelajaran menulis puisimenggunakan model kooperatif
team assisted individualization (TAI) dan media teka-teki silang
(crossword puzzle)yang diharapkan dapat mempermudah peserta didik dalam
menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
proses pembelajaran menulis puisi, peningkatan keterampilan menulis
puisi, dan perubahan perilaku peserta didik kelas V SD Negeri 5 Mayong
Lor Kabupaten Jepara, setelah mengikuti pembelajaran menulis
puisimenggunakan model kooperatif team assisted individualization (TAI)
dan media teka-teki silang (crossword puzzle). Adapun tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi,
mendeskrisikan peningkatan keterampilan menulis puisi, dan
mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas V SD Negeri 5
Mayong Lor Kabupaten Jepara setelah mengikuti pembelajaran menulis
puisimenggunakan model kooperatif team assisted individualization (TAI)
dan media teka-teki silang (crossword puzzle). Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan manfaat bagi guru, peserta didik, dan peneliti lain.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui tiga
tahap,yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri
atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah keterampilan menulis puisipeserta didik kelas VSD
Negeri 5 Mayong Lor Kabupaten Jepara. Sumber data yang diperoleh dari
penelitian ini yaitu peserta didik kelas VSD Negeri 5 Mayong Lor
Kabupaten Jepara dengan jumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan data
adalah dengan tes dan nontes berupa observasi, jurnal peserta didik,
jurnal guru, jurnal wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
diketahui bahwa proses pembelajaran menulispuisi berjalan baik dan
lancar meskipun ada beberapa peserta didik yang kurang bisa mengikuti
pembelajaran dengan baik tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu,
hasil tes keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan dengan nilai
tes prasiklus peserta didik dari keseluruhan aspek memperoleh nilai
rata-rata sebesar 61,25. Pada siklus I, hasil tes peserta didik
rata-rata sebesar 74. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 78,3,
sehingga terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebesar 27,83.
Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang
positif.Hal tersebut diwujudkan dengan senangnya peserta didik mengikuti
pembelajaran menulis puisi, banyaknya peserta didik yang mengemukakan
pendapat, dan motivasi peserta didik untuk dapat menulis puisi.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran
menulispuisimenggunakan model kooperatifteam assisted individualization
(TAI) dan media teka-teki silang (crossword puzzle) telah dilaksanakan
dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi
peserta didik kelas VSD Negeri 5 Mayong Lor Kabupaten Jeparadan mengubah
perilaku siswa kearah yang lebih positif. Saran untuk guru bahasa dan
sastra Indonesiaagar menggunakan model kooperatif team assisted
individualization (TAI) dan media teka-teki silang (crossword
puzzle)dalam pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti di bidang bahasa
dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas
lanjutan mengenai keterampilan menulis paragraf puisi.
0 comments:
Post a Comment