SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Kreatif dan Produktif Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan
ABSTRAK
Aspek keterampilan menulis selain dalam pengajaran bahasa juga diberikan
dalam pengajaran sastra. Salah satunya adalah menulis puisi. Mengacu
pada Kurikulum 2004 bahwa keterampilan menulis puisi sudah diajarkan
mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi, pada kenyataannya
pembelajaran menulis puisi di sekolah masih banyak kendala dan cenderung
dihindari. Sebagaimana hasil observasi yang telah dilakukan peneliti,
tingkat keterampilan peserta didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan
Banjarejo, Kabupaten Grobogan dalam menulis puisi masih rendah.
Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan rata-rata peserta didik
mengalami kesulitan dalam menentukan diksi dan berimajinasi. Berdasarkan
latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis kreatif puisi peserta
didik kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan ketika
dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif
melalui media gambar dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis
puisi serta perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan
produktif melalui media gambar. Terdapat dua siklus dalam penelitian
ini, yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum memasuki kedua siklus
dilakukan pretes untuk mengetahui kondisi awal keterampilan peserta
didik dalam menulis puisi. hasil dari pretes, siklus I, dan siklus II
dibandingkan. Dengan pembandingan tersebut, akan diketahui sejauh mana
keterampilan peserta didik dalam menulis puisi dan perubahan perilaku
peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar. Proses
pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model kreatif dan
produktif melalui media gambar berlangsung lancar dan terarah. Kemudian,
berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil tes pratindakan hanya
mencapai nilai rata-rata 55,4. Selanjutnya pada siklus I meningkat
sebesar 24,40% dengan nilai ratarata 73,28. Kemudian pada siklus II
meningkat lagi sebesar 8,63% dengan nilai ratarata mencapai 80,2.
Peningkatan hasil tes juga diikuti oleh perubahan perilaku peserta didik
kelas VII B MTs. Nurul Ikhsan Banjarejo, Kabupaten Grobogan ke arah
yang lebih positif. Mengingat hasil pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan model kreatif dan produktif melalui media gambar dapat
meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VII B MTs.
Nurul Ikhsan Banjarejo, Kabupaten Grobogan, maka hendaknya model dan
media tersebut juga dapat diterapkan oleh para guru dalam pembelajaran
menulis puisi di sekolah.
0 comments:
Post a Comment