Sunday 24 May 2015

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER 9 PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN APLIKASI MINDJET MINDMANAGER 9 PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager 9 bagi siswa SMK jurusan Akuntansi kelas X dengan Kompetensi Dasar pencatatan transaksi akuntansi perusahaan dagang dan mengetahui kelayakan media sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Akuntansi, dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya meliputi 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasian), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Pada tahap Development, media dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 praktisi pembelajaran akuntansi, 4 siswa uji coba perorangan, 10 siswa uji coba kelompok kecil dan 19 siswa uji lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager 9 sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,73 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,10 yang termasuk dalam kategori Layak, dan 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,07 yang termasuk dalam kategori Layak. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan rata-rata menunjukkan Respon Positif dengan mendapatkan persentase ≥ 65% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran Akuntansi dengan aplikasi Mindjet MindManager ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Mindjet MindManager 9, SMK, Akuntansi Perusahaan Dagang, ADDIE.

DOWNLOAD FILE LENGKAP KLIK DISINI

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver