SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CS4 PROFESIONAL BERBENTUK GAME PENDIDIKAN ULAR TANGGA PINTAR UNTUK MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS XI SMKN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
11403241002
Penelitian ini merupakan pengembangan berupa game pendidikan sebagai
media pembelajaran yang bertujuan 1) Mengembangkan game pendidikan
berbasis komputer. 2) Mengetahui kelayakan game pendidikan Ular Tangga Pintar
sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, dan ahli media. 3)
Mengetahui penilaian siswa mengenai penggunaan game edukasi Ular Tangga
Pintar sebagai media pembelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan.
Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
tahapan pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation,
evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan
evaluasi, namun penelitian hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi.
Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang
dikembangkan diujicoba oleh 32 siswa kelas XI AK 4 SMKN 2 Purworejo.
Pengembangan media ular tangga pintar menggunakan aplikasi Adobe Flash
CS4 Professional. Hasil penilaian ahli materi mendapat nilai rata-rata 4,17 dengan
kategori “Layak”. Hasil penilaian ahli media mendapat nilai rata-rata 4,21 dengan
kategori “Sangat Layak”. Hasil penilaian pada uji coba yang dilakukan oleh
siswa mendapat nilai rata-rata 4,27 dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga
game pendidikan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Pengantar
Akuntansi dan Keuangan khususnya pada materi pokok Pasar uang dan Pasar
Modal.
Kata kunci: Ular Tangga Pintar, Game pendidikan, Media pembelajaran.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment