SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK KRONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 3 UNGARAN
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi
bahasa dan sastra Indonesia kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran,
keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini disebabkan
oleh motivasi siswa dalam manulis masih kurang dan kemampuan siswa
membentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu
masih minim. Selama ini pembelajaran menulis paragraf narasi yang
dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses
interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan
keterampilan menulis paragraf narasi adalah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis
peristiwa yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis narasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas proses
pembelajaran menulis paragraf narasi, peningkatan keterampilan menulis
narasi, dan perubahan perilaku siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran
setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks
wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit
instructions teknik kronologis peristiwa. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis karangan narasi,
mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi,
mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran
setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks
wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit
instructions teknik kronologis peristiwa. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan manfaat bagi guru dan penyelenggara pendidikan. Desain
penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap,
yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII I. Sumber
data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII I dengan
jumlah siswa 32. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes
berupa jurnal observasi, jurnal siswa, jurnal guru, jurnal wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas proses
pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara berjalan baik
dan lancar meskipun ada beberapa siswa yang kurang mengikuti
pembelajaran tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu, hasil tes
keterampilan menulis narasi mengalami peningkatan dengan nilai tes
prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata
sebesar 62,2. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 68,97.
Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,78, sehingga terjadi
peningkatan sebesar 10,79 atau 15,6%. Hasil tes siklus II tersebut
menunjukan bahwa seluruh siswa kelas VII I yang berjumlah 32 siswa
dinyatakan tuntas. Adapun perilaku siswa mengalami perubahan ke arah
yang positif. Secara keseluruhan perubahan tingkah laku siswa yang
dinilai dari keaktifan dan sikap siswa mengalami peningkatan ke arah
yang lebih positif yaitu sebesar 14,2 % dari 75,7% pada siklus I menjadi
86,5% . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses
pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model
pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis
peristiwa telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan
keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas VII I SMP Negeri 3
Ungaran dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Saran
untuk guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan dan menerapkan
teks wawancara dan model pembelajaran kooperatif tipe explicit
instructions teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran menulis
narasi. Bagi peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan
agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan
menulis paragraf narasi.
0 comments:
Post a Comment