SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR)
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR KESEIMBANGAN MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN “SI BOLANG” PADA SISWA KELAS III SD N BEDONO 01 KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013
ABSTRAK
Latar belakang dalam penelitian ini adalah pembelajaran kebugaran
khususnya keseimbangan yang masih kurang menarik sehingga perlu
disajikan dalam bentuk pembelajaran yang lebih menarik. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran latihan dasar
keseimbangan melalui pendekatan permainan “si bolang” dapat memenuhi
kebutuhan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hasil pengembangan model pembelajaran latihan dasar keseimbangan melalui
pedekatan permainan “si bolang”. Penelitian pengembangan pembelajaran
yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang akan di hasilkan,
adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) melakukan
analisis kebutuhan yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk
awal; (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua
ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan
kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4)
Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi
ahlidan uji coba kelompok kecil (10 siswa). (5) Uji coba lapangan (30
siswa) (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba
lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran latihan dasar keseimbangan
melalui pendekatan permainan “si bolang”. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu
ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji kelompok kecil (10 siswa
kelas III SD N Bedono 01), dan uji lapangan (30 siswa kelas III SD N
Bedono 01). Dari hasil Uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli
penjas dengan persentase 87,33% (baik), ahli pembelajaran I dengan
persentase 89,33% (baik), ahli pembelajaran II dengan persentase 84,66%
(baik), uji coba kelompok kecil 81,66% (baik), dan uji coba kelompok
besar 88,55% dengan kriteria (baik), sehingga model ini dapat digunakan.
Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
permaian “si bolang” ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SD N
bedono 01 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Saran yang diajukan adalah
(1) model pembelajaran permainan “si bolang” dapat digunakan sebagai
alternatih penyampaian materi pembelajaran latihan dasar keseimbangan
bagi siswa SD, karena sesuai dengan karakteristik siswa. (2) bagi Guru
penjas, diaharapkan dapat mengembangakan model pembelajaran yang lebih
menarik dan menyenangkan.
Download File lengkap klik disini
Download Skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment