SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHAREDENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti bahwa pembelajaran
IPA di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02belum optimal. Dalam
pelaksanaannya guru menerapkan model pembelajaran yang kurang
menarik,kurang melibatkan siswa secara aktif, kerjasama siswa dalam
kelompok kurang efektif, kurangnya penggunaan media pembelajaran, dan
hasil belajar rendah.Dengan memperhatikan kendala tersebut perlu
diupayakan peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan
kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual karena siswa
akan berpikir secara individu dan bekerjasama dalam kelompok berpasangan
secara optimal sehingga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
apakah pendekatan kooperatif tipe think-pair-share dengan media
audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Tujuan penelitian
ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan
kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual pada siswa
kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap
siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas
IV SDN Kalibanteng Kidul 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes,
observasi/pengamatan, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Hasil
penelitian ini menunjukkan perolehan skor keterampilan guru siklus I
pertemuan 1yaitu23(cukup), siklus I pertemuan 2 yaitu 31 (baik), siklus
II pertemuan 1 yaitu 32 (baik), siklus II pertemuan 2 yaitu 34 (sangat
baik), pada siklus III pertemuan 1 yaitu 35 (sangat baik), dan siklus
III pertemuan 2 yaitu 36 (sangat baik). Perolehan skor aktivitas siswa
pada siklus I pertemuan 1yaitu12,06(cukup), siklus I pertemuan 2 yaitu
14,32 (cukup), siklus II pertemuan 1 yaitu 15,53 (baik), siklus II
pertemuan 2 yaitu 16,25 ( baik), siklus III pertemuan 1 yaitu 17,33
(baik), dan siklus III pertemuan 2 yaitu 18,75 (baik). Ketuntasan hasil
belajar kognitif siswa meningkat yaitu pada siklus 1 diperoleh
rata-rata63,47dengan ketuntasan belajar 55,56%,siklus II diperoleh
rata-rata 74,16dengan ketuntasan belajar 83,33%,dan siklus III diperoleh
rata-rata 77,76dengan ketuntasan belajar 88,89%. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan
kooperatif tipe think-pair-share dengan media audiovisual dapat
meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Disarankandapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran IPA.
Download Skripsi Lengkap Klik disini
0 comments:
Post a Comment