SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IIIB SDN KARANGANYAR 02
ABSTRAK
IPS merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membekali siswa dengan
wawasan yang berkaitan dengan masalah-masalah atau gejala sosial yang
berkembang di masyarakat dan lingkungannya. Ruang lingkup pembelajaran
IPS meliputi kehidupan manusia dengan lingkungan seluruh alam semesta.
Berdasarkan refleksi yang diperoleh kualitas pembelajaran IPS di kelas
IIIB belum optimal, ditunjukkan dengan pembelajaran yang masih berpusat
pada guru dan kurang variatif, minat siswa kurang sehingga aktivitas
siswa rendah, penggunaan media yang kurang menarik menyebabkan tingkat
pemahaman siswa terhadap materi IPS rendah. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “apakah model kooperatif tipe STAD dengan audio
visual dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil
belajar kelas IIIB SDN Ngaliyan 02 dalam pembelajaran IPS?”. Tujuan
penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas
IIIB SDN Karanganyar 02. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus
terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas IIIB SDN
Karanganyar 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru
pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik, siklus II
memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III
memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada
siklus I memperoleh skor 17,48 kategori baik, pada siklus II memperoleh
skor 23,60 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 25,82
kategori sangat baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I
52,52%, meningkat pada siklus II menjadi 69,56%, dan meningkat pada
siklus III menjadi 86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator
keberhasilan yang ditetapkan, yaitu kriteria keterampilan guru dan
aktivitas siswa sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan hasil belajar
klasikal ≥ 75% sudah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan
berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah model kooperatif tipe STAD
dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS
meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model
pembelajaran dan media yang menarik dan bervariasi, sekolah dapat
menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran
mata pelajaran lain di sekolah.
Download skripsi Lengkap Klik disini
0 comments:
Post a Comment