SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 WARUNGPRINGPEMALANG
ABSTRAK
Matematikadi Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang mendasari
kemampuan kognitif siswa untuk melanjutkan di tingkat pendidikan yang
lebih tinggi. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar
siswa kelas IV SDN 01 Warungpring yang diperoleh dari data observasi
awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat
meningkatkan keterampilan guru, minat siswa dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran Matematika materi geometri pada kelas IV SDN 01
Warungpring. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan
kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division, dengan subyek penelitian guru dan siswa kelas IV SDN 01
Warungpring. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes
tertulis, dan non tes berupa lembar observasi keterampilan guru,
manifestasi minat siswa dan angket minat siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student
Team Achievement Division, dapat: (1) meningkatkan keterampilan guru
dalam pembelajaran Matematika pada siklus I memperoleh rata-rata skor 28
dengan kategori baik menjadi 36,5 sangat baik pada rata-rata siklus II.
(2) minat siswa dalam pembelajaran Matematika pada siklus I memperoleh
rata-rata skor 2,81da termasuk kategori berminat, kemudian meningkat
menjadi rata-rata skor 3,07 dengan kategori berminatpada siklus II. (3)
hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 61,56 dengan
rata-rata persentase tuntas belajar mencapai 64% dan rata-rata
persentase ketidaktuntasan belajar mencapai 36%.Kemudian pada siklus II
hasil rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 69,22 dan rata-rata
persentase ketuntasan menjadi 77% dan rata-rata persentase
ketidaktuntasan hanya 24% sehingga termasuk dalam kategori tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement,kualitas
pembelajaran Matematika di kelas IV SDN 01 Warungpring dapat meningkat.
Saran bagi guru, sebaiknya guru selalu menerapkan inovasi pembelajaran
dengan model kooperatif dan menggunakan media yang efektif.
Download file lengkap klik disini
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment