SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG
ABSTRAK
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VC SDN KARANGAYU 02 SEMARANG
ABSTRAK
Berdasarkan refleksi yang dilakukan guru ditemukan permasalahan
rendahnya kualitas pembelajaran IPS dari keterampilan guru, aktivitas
siswa, dan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 34,3%. Rumusan
masalah yaitu apakah strategi team quiz dengan media video dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas VC SDN Karangayu
02 Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas
pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan tiga siklus dengan empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan
35 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa, guru, data dokumen, dan
catatan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui nontes dan tes. Siklus
I hasil observasi keterampilan guru memperoleh skor 17 persentase 47,2%
kriteria cukup. Skor siklus II 23 persentase 63,8% kriteria tinggi.
Skor siklus III 28 persentase 77,8% kriteria sangat tinggi. Aktivitas
siswa meningkat setiap siklus. Siklus I memperoleh skor 616 (62,9%)
kriteria tinggi. Skor siklus II 644 (65,7%) kriteria tinggi, dan skor
siklus III meningkat menjadi 711 (72,6%) kriteria tinggi. Hasil belajar
ranah kognitif siklus I memperoleh ketuntasan belajar klasikal 62,9%,
siklus II 77,1%, dan siklus III 88,6%. Pada ranah afektif siklus I
memperoleh skor 99 (70,1%) kriteria baik. Skor siklus II 101 (72,1%)
kriteria baik. Skor siklus III 108 (77,1%) kriteria sangat baik. Ranah
psikomotor siklus I memperoleh skor 284 (90,1%) kriteria sangat baik.
Skor siklus II 303 (96,2%) kriteria sangat baik. Skor siklus III 306
(96,8%) kriteria sangat baik. Simpulan penelitian adalah pembelajaran
IPS melalui strategi team quiz dengan media video dapat meningkatkan
keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VC SDN
Karangayu 02 Semarang. Saran peneliti, guru dapat menerapkan strategi
team quiz dengan media video untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Download file lengkap klik disini
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment