PENGARUH METODE
BELAJAR PRAKTIK
SISWA KELAS X
Penelitian ini bertujuan
peserta didik yang diajar
metode pembelajaran konvensional pada
Arc Welding (SMAW)
Progo-DIY, serta mengetahui keaktifan siswa kelas X teknik las dalam mengikuti
proses belajar mengajar (PBM)
Metode penelitian yang digunakan
eksperimen dengan desain
sebanyak satu kelas yaitu kelas X teknik las dengan jumlah
penelitian ini merupakan penelitian populasi
Hasil penelitian
belajar peserta didik kelas
metode konvensional dan metode demonstrasi
terhadap hasil pengelasan,
sebesar 76,84. Sedangkan m
82,35. Pembelajaran dengan
pelajaran kompetensi kejuruan
Terbukti dari hasil pengamatan aktivitas peserta didik
pertemuan, dari 57,5%
menjadi 72,73%. Dengan demikian
terhadap hasil belajar praktik
teknik las SMK Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo
Kata kunci: Pengaruh, Demonstrasi
vii
DEMONSTRASI TERHADAP HASIL
SHIELDED METAL ARC WELDING (SMAW)
TEKNIK LAS SMK NEGERI 2 PENGASIH
Oleh:
NIM. 09503241003
ABSTRAK
untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar
menggunakan metode pembelajaran demonstrasi
mata pelajaran praktik Shielded Metal
siswa kelas X teknik las SMK Negeri 2 Pengasih Kulon
, PBM).
dalam penelitian ini adalah
“One-Shot Case Study”. Populasi yang digunakan
31 peserta didik
sebanyak 31 peserta didik.
an menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil
X teknik las ketika diajarkan dengan menggunakan
demonstrasi. Terbukti dari hasil
untuk metode konvensional nilai rata-ratanya
metode demonstrasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar
metode demonstrasi tampak efektif untuk
praktik las SMAW di SMK Negeri 2 Pengasih
asil terus meningkat tiap kali
meningkat menjadi 67,5% kemudian meningkat lagi
demikian, terdapat pengaruh metode d
Shielded Metal Arc Welding (SMAW) siswa kelas X
- DIY.
Demonstrasi, Hasil belajar, Praktik las SMAW
dengan
metode
didik. Jadi,
erdapat asil penilaian
(mean)
mata
Pengasih.
demonstrasi
0 comments:
Post a Comment