ENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS MELALUI PENERAPAN
STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA MATA
PELAJARAN MEMBUBUT SISWA KELAS XI
DI SMK NEGERI 1 GOMBONG
Oleh :
Muhammad Irfan Arvianto
08503244014
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan soft skills siswa dengan cara
menerapkan pembelajaran kooperatif agar proses pengembangan atau peningkatan
soft skills siswa dapat dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas seperti
komitmen, tanggung jawab, kerjasama, kreatifitas dan etika.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gombong. Setiap siklus dimulai dari
tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data
dilakukan dengan perbandingan antara hasil observasi siklus I, siklus II dan siklus
III dengan teknik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat
mengembangkan soft skills siswa pada aspek komitmen, tanggung jawab,
kerjasama, kreatifitas dan etika dengan langkah-langkah: menyusun strategi
pembelajaran kooperatif, membuat jadwal tindakan, membuat rencana
pelaksanaan pembelajaran, menyusun lembar observasi, menyiapkan sumber
belajar, menyiapkan media pembelajaran. Rata-rata keseluruhan aspek soft skills
yang dimiliki siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 53,10 % (cukup),
siklus II sebesar 61,10 % (tinggi) dan siklus III sebesar 64,90% (tinggi).
Sedangkan hasil observasi pada setiap aspek soft skills yaitu, pada aspek
komitmen diawali dengan siklus I sebesar 51 % (cukup), siklus II sebesar 63 %
(tinggi) dan siklus III sebesar 66 % (tinggi). Pada aspek tanggung jawab diawali
dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar 59 % (cukup) dan siklus
III sebesar 61 % (tinggi). Pada aspek kerjasama diawali siklus I sebesar 54 %
(cukup), siklus II sebesar 70 % (tinggi) dan siklus III sebesar 71 % (tinggi). Pada
aspek kreatifitas diawali dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar
58 % (cukup) dan siklus III sebesar 65 % (tinggi). Pada aspek etika diawali
dengan siklus I sebesar 53 % (cukup), siklus II sebesar 55 % (cukup) dan siklus
III sebesar 62 % (tinggi). Dari keseluruhan hasil observasi di atas maka dapat
dikatakan secara umum soft skills siswa mengalami peningkatan dengan
diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif pada saat pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, soft skills, komitmen, tanggung jawab,
kerjasama, kreatifitas, etika.
0 comments:
Post a Comment