Lompat jauh cenderung kurang diminati siswa kelas IV SDN Grobogan 04.
Hal ini disebabkan karena minat dan motivasi yang kurang terhadap
pelajaran penjasorkes. Sebagian besar siswa mengeluh dan merasa malas
dalam melakukan lompat jauh. Melihat kurangnya minat siswa pada saat
pembelajaran lompat jauh, maka guru pendidikan jasmani harus mempunyai
metode pembelajaran inovatif yang menarik dan memodifikasi pembelajaran.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah
penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru pada
pembelajaran lompat jauh? (2) Apakah penerapan media Audio Visual dapat
meningkatkan pengenalan gerak siswa pada mata pelajaran penjasorkes
lompat jauh? (3) Apakah penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan
kemampuan gerak siswa pada mata pelajaran penjasorkes lompat jauh?.
Dengan Tujuan Meningkatkan keterampilan guru, Meningkatkan aktivitas
gerak siswa, Meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri
atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan
data dilakukan dengan tes. Alat pengambilan data yang digunakan adalah
angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, data hasil pengamatan unjuk kerja psikomotor diperoleh hasil pada
siklus I rata-rata 59,67 (cukup baik) dan mengalami kenaikan pada
siklus II rata-rata 81,25 (baik). Data hasil pengamatan afektif
diperoleh hasil pada siklus I rata-rata 71 (cukup baik) dan mengalami
kenaikan pada siklus II rata-rata 84,6 (baik). Data hasil pengamatan
pemahaman siswa (kognitif) diperoleh hasil pada siklus I rata-rata 57
(cukup baik) dan mengalami kenaikan pada siklus II rata-rata 80,08
(baik). Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap media pembelajaran
audio visual pada siklus I sebesar 83% (baik) sedangkan pada siklus II
sebesar 90,6% (baik). Secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk
setiap aspek pernyataan dalam angket mengalami peningkatan Berdasarkan
hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa penerapan penggunaan media
pembelajaran audio visual terhadap pembelajaran atletik (lompat jauh)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti
menyarankan agar guru penjasorkes menggunakan media pembelajaran audio
visual dalam mengajar di kelas.
0 comments:
Post a Comment