Latar belakang penelitian ini adalah belum tercapainya nilai ketuntasan
minimal pada materi passing sepak bola sehingga dapat dikatakan bahwa
pembelajaran mengalami kegagalan. Untuk itu dapat ditarik perumusan
masalah : “Apakah penerapan pendekatan menggunakan permainan bola batas
melingkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah penerapan pendekatan
menggunakan permainan bola batas melingkar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa”. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana maing-masing siklus terdiri
atas : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan ; 4)
refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu afektif,
kognitif dan psikomotorik. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap
proses pembelajaran selama proses kegiatan berlangsung dan membuat
angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk
mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti
pembelajaran menggunakan model pembelajaran ini. Hasil penelitian
menunjukan bahwa hasil belajar passing sepak bola dengan menggunakan
pendekatan bermain bola batas melingkar berdampak positif hal ini
terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang
telah ditetapkan yaitu 75% mengalami peningkatan yaitu pada siklus I
ketuntasan belajar mencapai 73,913% sedangkan pada siklus II ketuntasan
belajar mencapai 91,304%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing
sepak bola menggunakan pendekatan bermain bola batas melingkar mempunyai
pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar
siswa yang ditujukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan
bahwa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran tersebut sehingga
mereka menjadi termotivasi dan berminat untuk belajar.Agar proses
belajar mengajar lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal
bagi siswa maka disampaikan saran sebagai berikut : Dalam pembelajaran
penjasorkes khususnya passing sepak bola, sebaiknya guru menggunakan
permainan yang menarik dan mengaktifkan siswa sehingga selama proses
pembelajaran siswa merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran ini.
0 comments:
Post a Comment