Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran
menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang dapat meningkatkan
hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas III SD Negeri
Muncanglarang 03 kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal tahun pelajaran
2012/2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Muncanglarang 03,
kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal tahun pelajaran 2012/2013 melalui
pembelajaran lari jarak pendek menggunakan pendekatan permainan lari
bola keranjang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Muncanglarang
03 kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal, penelitian ini melibatkan semua
siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi
(pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian
ketuntasan hasil belajar, serta angket respon/tanggapan siswa. Hasil
pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas
siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus I hasil prosentase
sebesar 72,00% dan siklus II hasil prosentase sebesar 92,00%, ini ada
peningkatan sebesar 20,00%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa
melalui hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yaitu siklus
I mencapai 72,72 % dan siklus II mencapai 90,91%, ini ada peningkatan
sebesar 18,19%. Dan hasil analisis angket respon siswa mendapat respon
yang positif dari siswa. Ini terlihat dari rata-rata siswa 80,91%
jawaban siswa sangat setuju/sangat menarik/sangat senang mengikuti
pembelajaran. Ini dapat dikatakan bahwa siswa menyukai model
pembelajaran yang disajikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
pembelajaran lari jarak pendek menggunakan pendekatan permainan lari
bola keranjang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan saran
dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat
belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya
dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan
menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi
pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan
menyenangkan.
0 comments:
Post a Comment