Lompat Jauh merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani yang
wajib diberikan kapada siswa mulai dari Sekolah Dasar, namun karena
metode pembelajaran dan latihan yang kurang tepat menyebabkan siswa
kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang mengalami kesulitan dalam
pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok, hal ini terbukti dari hasil
pembelajaran ada 24 siswa dari 32 siswa yang mendapat nilai dibawah
kriteria ketuntasan minimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah dengan penerapan bermain katak berburu dapat meningkatkan hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok pada saat melakukan awalan dan tolakan
pada siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang 2013 ? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok pada Siswa Kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang dengan
penerapan bermainan katak berburu. Penelitian ini menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang berjumlah 32 siswa
dengan objek penelitian meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi
melalui penilaian hasil belajar dari aspek kognitif, aspek psikomotor
dan aspek afektif dalam unjuk kerja lompat jauh.Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif (nilai hasil
belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif dan data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran permainan katak berburu dapat meningkatkan hasil belajar
gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I ke siklus II. Hasil
belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas
adalah 59,37% atau 19 siswa dan yang belum tuntas ada 13 anak atau
40,63%. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar
siswa dalam kategori tuntas sebesar 84,37% atau 27 siswa dan yang belum
tuntas 5 anak atau 15,63%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan
permainan katak berburu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh
gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang.
Saran yang diberikan kepada guru yaitu guru penjasorkes SD menjalankan
tugas secara profesional dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran
secara variatif, memberikan alat bantu media pembelajaran yang
sederhana, efisien, efektif dan memberikan motivasi siswa didiknya.
0 comments:
Post a Comment