Pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekitar merupakan salah satu
pembelajaran di SD, namun pada kenyataanya dalam proses pembelajaran
belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam
proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Bagaimana pengembangan model pembelajaran keseimbangan melalui
pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri 06
Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2013?”. Tujuan
penelitian ini untuk menghasilkan model pembelajaran keseimbangan
melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa kelas III SD Negeri
06 Terban dalam pembelajaran penjasorkes sehingga dapat mengembangkan
berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa.
Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Adapun prosedur
pengembangan produk meliputi analisis produk, mengembangkan produk awal,
validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba
kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan pengamatan di lapangan dan kuesioner yang diperoleh dari
evaluasi ahli dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli
diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar dengan
rata-rata penilaian 4 dengan kriteria baik. Oleh karena itu dapat
digunakan untuk uji coba kelompok kecil. Data hasil kuesioner siswa pada
uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata jawaban dengan persentase
89,72% dengan kategori baik. Dan data hasil kuesioner siswa uji coba
kelompok besar diperoleh jawaban dengan persentase 83,61%. dengan
kategori baik. Siswa sudah tidak merasa kesulitan ketika bermain
keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan persawahan. Berdasarkan
data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran keseimbangan
melalui pendekatan lingkungan persawahan efektif dan sesuai dengan
karakteristik siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran
penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat
menggunakan model pembelajaran keseimbangan melalui pendekatan
lingkungan persawahan.
0 comments:
Post a Comment