Dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli mini siswa sering
mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan
media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Faktor tesebut
juga menyebabkan minat dan motivasi siswa menjadi berkurang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan bermain
boardball dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sindang 02. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam
mengikuti pembelajaran passing bawah bola voli mini pada siswa kelas IV
SD Negeri Sindang 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran
2012/2013 melalui pendekatan bermain boardball. Penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri 2 siklus. Tiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi.
Penelitian ini dilakukan di SDN Sindang 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten
Tegal dengan subyek penelitian kelas IV dengan jumlah 28 siswa terdiri
dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi
motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket
respon siswa dan tes praktek. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif dan melalui hitungan rumus yang telah ditentukan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa hasil belajar passing bawah bola voli mini
melalui pendekatan bermain boardball berdampak positif, hal ini terlihat
pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah
ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus
II sebesar 21,43% yaitu dari 71,43% (siklus I) menjadi 92,86% (siklus
II). Pembelajaran ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat
meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan
rata-rata jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 64.29% pada hasil
angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 59.29% pada hasil
angket motivasi siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
passing bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain boardball dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian maka disampaikan
saran sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran passing bawah bola voli
mini sebaiknya guru menggunakan media yang sesuai karakteristik siswa,
2) menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai materi, 3)
siswa sebaiknya memotivasi diri dalam belajar, agar mencapai hasil yang
maksimal.
0 comments:
Post a Comment