Permasalahan penelitian ini bagaimana manajemen wahana outbound di
Pancasan Dream Land Park kabupaten Banyumas Tahun 2013. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen meliputi perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan wahana outbound di Pancasan
Dream Land Park kabupaten Banyumas Tahun 2013. Fokus masalah dalam
penelitian ini : 1) Bagaimana perencanaan wahana outbound di Pancasan
Dream Land Park kabupaten Banyumas? 2) Bagaimana pengorganisasian wahana
outbound di Pancasan Dream Land Park kabupaten Banyumas? 3) Bagaimana
pengarahan dalam pelaksanaan program di Pancasan Dream Land Park
kabupaten Banyumas? 4) Bagaimana program pengawasan di Pancasan Dream
Land Park kabupaten Banyumas? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan
meliputi observasi, wawancara, dokumentasi,. Sasaran penelitian ini
adalah General Manager, Koordinator bidang keuangan dan perlengkapan
serta pengunjung. Hasil penelitian 1) Proses perencanaan yang dilakukan
oleh pihak manajemen Pancasan Dream Land Park sudah berjalan sesuai
dengan fungsi manajemen 2) Manajemen pengorganisasiannya sudah
melaksanakan dasar-dasar sebuah organisasi yang baik. 3) Proses
pengarahan yang dilakukan oleh seorang General Manager 4) Pengawasan
yang dilakukan oleh pihak manajemen Pancasan Dream Land Park sudah
berjalan sesuai dengan fungsinya. Kesimpulan bahwa proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan manajemen wahana outbound
di Pancasan Dream Land Park kabupaten Banyumas tahun 2013 baik, dan
manajemen telah melaksanakan fungsi dan proses sebagaimana mestinya.
Saran yang diajukan untuk General manager 1) Perencanaan sudah berjalan
dengan baik dan harus menyusun program-program yang telah direncanakan.
2) pengorganisasian hendaknya dalam struktur organisasi memiliki
koordinator bidang wahana, agar lebih fokus dalam pengelolaan wahana. 3)
Pengarahan seorang General manager harus lebih intensif lagi dan
meningkatkan pengarahan secara langsung kepada stafnya. 4) hendaknya
tetap menjaga pelayanan dan pengawasan kepada pengunjung sehingga
memberi kenyamanan terhadap pengunjung.
0 comments:
Post a Comment