Download
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kimia
berbasis teknologi informasi dan karakter terhadap pencapaian
kompetensi pada siswa SMK.Penelitian dilakukan di SMK Assalamah Pati
tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini siswa kelas X TMO.
Desain yang digunakan yaitu one group design. Teknik sampling yang
digunakan adalah teknik sampling jenuh/ sensuskarena semua anggota
populasi merupakan sampel dan sampel kurang dari 30 orang. Sampel
terdiri dari 22 orang.Metode pengumpulan data adalah tes, observasi dan
angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kognitif
sebesar 79,1 diatas batas nilai minimal 70 dengan N- Gain sebesar 0,68
dalam kategori cukup. Ketuntasan belajar klasikaldalam kategori tinggi
dengan 20dari 22 siswa tuntas. Rata- rata skor diskusi, psikomotorik,
dan afektif sebesar 18, 13, dan 31 dalam kategori tinggi, sedangkan
nilai rata-rata karakter sebesar21dengan kategori baik.Kesimpulan
penelitian ini yaitu pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi dan
karakter efektif terhadap hasil belajar siswa pada pencapaian
kompetensi konsep mol. Nilai karakter yang muncul diantaranya aktif,
bekerjasama, rasa ingin tahu,tanggung jawab, kritis, percaya diri,
demokratis, dan terampil.
0 comments:
Post a Comment