Khamdan Tohir, 6101408157 (2013) PENGEMBANGAN
MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA LAPANGAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH
DASAR NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
(PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA LAPANGAN LINGKARAN PADA SISWA
KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PAKINTELAN 03 SEMARANG TAHUN 2012/2013) -
Published Version Download (5Mb) |
Abstract
Sepakbola
adalah salah satu pembelajaran di sekolah, namun kenyataannya dalam
proses pembelajaran belum berjalan optimal. Maka perlu adanya modifikasi
dalam proses pembelajarnya. Permasalahan karena dalam penelitian ini
adalah apakah pengembangan model permainan sepakbola lapangan lingkaran
pada siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Semarang dapat berjalan
efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model
permainan sepakbola lapangan lingkaran pada siswa kelas V SD Negeri
Pakintelan 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (research-based development) oleh Brog dan Gall meliputi:
(1)Melakukan penelitian pendahuluan (2)Mengembangkan produk awal berupa
(peraturan permainan sepakbola lapangan lingkaran) (3)Evaluasi ahli
menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba
kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi kemudian
dianalisis, (4)Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil
dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan
sebagai perbaikan terhadap produk uji coba kelompok kecil yang dibuat
oleh peneliti yang berjumlah 10 siswa. Revisi digunakan untuk perbaikan
untuk pembuatan produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5)Uji coba
lapangan (skala besar) 26 siswa, (6)Revisi produk akhir dilakukan
berdasarkan hasil uji coba lapangan (skala besar), (7)Hasil akhir
pengembangan model permainan sepakbola lapangan lingkaran pada siswa
kelas V SD Negeri Pakintelan 03, yang dihasilkan melalui uji skala besar
dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang
diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli
Pembelajaran) uji kelompok kecil 10 siswa putra, dan uji coba lapangan
26 siswa SD Negeri Pakintelan 03 Semarang. Data berupa hasil penilaian
mengenai kualitas produk saran untuk perbaikan produk, dan hasil
pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah
deskkiptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, psikomotorik, dan
afektif siswa setelah menggunakan produk. Data hasil uji coba skala
kecil diperoleh data evaluasi ahli ahli Penjas yaitu 81,33, dengan
kategori (baik), ahli Pembelajaran I 92% (sangat baik), dan ahli
Pembelajaran II 86,67% (baik). Sehingga pengembangan model permaianan
sepakbola lapangan lingkaran dapat digunakan dalam pembelajaran
penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 03 Semarang. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, direkomendasikan bagi guru pendidikan jasmani
di SD untuk dapat menggunakan produk permainan sepakbola lapangan
lingkaran dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
0 comments:
Post a Comment