Abstract
ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI GEOMETRA, MEDIA
PEMBELAJARAN GEOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA
BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI
AUGMENTED REALITY
Oleh :
Miftah Rizqi Hanafi
NIM 11520241036
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi yang dapat
membantu siswa SMP dalam memahami obyek geometri bangun ruang pada mata
pelajaran matematika dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi yang
dikembangkan ditinjau dari aspek functional suitability, performance efficiency,
portability, dan usability.
Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian
Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang bertujuan
menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk tersebut
(Sudaryono, 2011: 30). Produk dikembangkan dengan menggunakan metode
waterfall proscess model. Model pengembangan perangkat lunak waterfall memiliki
empat tahapan (Pressman, 2010:15), yaitu communication (komunikasi dan
kolaborasi), planning (perencanaan), modelling (pemodelan), construction
(implementasi), dan deployment (distribusi).
Uji kelayakan menggunakan empat aspek ISO 25010. Aspek-aspek tersebut
adalah functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Hasil
pengujian tersebut adalah aplikasi dinyatakan sangat baik dari aspek functional
suitability dan portability. Sedangkan dari aspek performance efficiency dan usability
aplikasi dinyatakan baik.
Kata kunci : aplikasi, research and development, waterfall, ISO 25010
0 comments:
Post a Comment